Pemuda Jondul Rawang Minta Pemerintah Siagakan Perahu Karet


Sabtu, 09 Januari 2021 - 16:44:10 WIB
Pemuda Jondul Rawang Minta Pemerintah Siagakan Perahu Karet Pemuda Jondul Rawang Minta Pemerintah Siagakan Perahu Karet

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sudah puluhan tahun, kawasan Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan masih menjadi daerah langganan banjir jika musim hujan tiba. Bahkan daerah itu adalah kawasan paling parah terdampak banjir dibanding daerah lain.

Terkait hal itu, pemuda setempat berinisiatif membentuk organisasi bernama 'Pemuda Al-hijrah'. Tujuan pembentukan organisasi adalah untuk membantu mengevakuasi warga yang menjadi dampak banjir.

Baca Juga : Diskusi dengan Leonardy Harmainy, Masyarakat Padang Alai Inginkan Sawah Mereka Kembali

Ketua Pemuda Alhijrah Ichsan Ramadhan mengaku organisasi ini tidak hanya untuk membantu mengevakuasi masyarakat terkena dampak banjir saja, tetapi menyatukan ide-ide agar banjir bisa teratasi.

"Kami juga memiliki program, diantaranya program agar banjir dikawasan kami bisa teratasi," katanya, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga : Sekitar 16 Sepeda Motor Disita Polisi di Jalanan Pesisir Selatan

Ichsan mengaku bahwa selama ini pihaknya terkendala dalam membantu atau mengevakuasi warga yang rumahnya terkena dampak banjir, karena hanya menggunakan alat seadanya.

"Kami berharap kepada pemerintah setempat agar bisa menyiagakan alat-alat seperti perahu karet. Jadi, ketika terjadi banjir, kami bisa cepat memberi pertolongan kepada warga," katanya.

Baca Juga : Rugi Rp3,4 Miliar, PT Balairung Diragukan Keberlangsungan Operasionalnya

Terbentuknya organisasi Pemuda Al-hijrah mendapat apresiasi dari warga setempat, setidaknya bisa membantu ketika terjadi banjir dan tidak terlalu bergantung kepada pemerintah.

"Mudah-mudahan dengan terbentuknya organisasi ini, permasalahan banjir di Jondul Rawang ada solusi. Sehingga ketika hujan lebat, kami lebih merasa lebih dan tidak takut jika terjadi banjir," ujar warga, Bobby Febrianda.

Baca Juga : Mahyeldi: Tugas Tim Penggerak PKK Membantu Kesuksesan Bupati/Walikota

Diberitakan, Hujan lebat mengguyur Kota Padang, Jumat (9/1/2021) sejak pukul 16.00 WIB hingga malam. Sejumlah lokasi mengalami banjir dan genangan air hingga satu meter.

Kabid Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sutan Hendra mengatakan, bahwa berdasarkan pantauan yang dilakukannya, sejumlah daerah mengalami genangan air yakni kawasan Pengambiran, Arai Pinang, Jondul Rawang, Bungus, Lapai dan lainnya.

"Untuk ketinggian air berkisar sekitar 60 hingga satu meter. Paling tinggi debit air berada di kawasan Jondul Rawang," katanya. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]