520 Vaksinator Siap Layani Program Vaksinasi di Sumbar


Sabtu, 09 Januari 2021 - 19:19:57 WIB
520 Vaksinator Siap Layani Program Vaksinasi di Sumbar Vaksin tiba di Padang. Dok Kompas.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar saat ini tengah melatih 520 petugas vaksin atau vaksinator. Hal ini tujuanmya sebagai upaya mendukung program vaksinasi Covid-19 atau Corona di provinsi itu.

"520 tenaga vaksinator tersebut terdiri dari dokter, perawat, dan bidan yang bertugas di rumah sakit dan puskesmas di Sumatera Barat," kaya Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Dinkes Sumbar, Lila Yanwar, baru-baru ini.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Covid-19 di Sumbar Mencapai 2,22% % atau 634 Kasus

Lila menerangkan, cara penyuntikkan intramuskuler atau injeksi ke dalam otot tubuh, sama dengan cara penyutikkan vaksin yang ada sebelumnya. Akan tetapi Dinas Kesehatan Sumbar kembali memberikan pelatihan untuk penyegaran kemampuan vaksinator, agar tidak menimbulkan efek samping.

"Nantinya satu tenaga vaksinator dapat mengerjakan 40 hingga 70 suntikkan setiap harinya," sebut Lila.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Mencapai 27.229 Kasus

Lila juga menambahkan, tahap pertama vaksinasi akan dilaksanakan pada bulan Januari hingga April mendatang. Dengan prioritas utama yakni tenaga kesehatan baik yang berstatus PNS, swasta, maupun relawan yang terdata di Dinas Kesehatan Sumbar.

"Kita dapat vaksin untuk tahap pertama ini 36.920 dosis artinya hanya setengah dari jumlah dosis itu atau sekitar 18 ribu yang akan divaksin. Sebab satu orang membutuhkan 2 kali suntikan vaksin," jelas Lila. Seperti diketahui, sebanyak 36.000 tenaga kesehatan menjadi prioritas utama vaksinasi virus Corona atau Covid-19 pada tahap awal.

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Positivity Rate 7,49 %

"Sasarannya penduduk usia 15 sampai 59 tahun. Untuk tahap awal diprioritaskan dulu tenaga kesehatan. Ada lebih kurang 36 ribu tenaga kesehatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi saat dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (1/1/2021).

Arry Yuswandi menambahkan, tenaga kesehatan itu termasuk yang bekerja di puskesmas, rumah sakit, serta tenaga pendukungnya. Seperti klining servis, satpam, dan sebagainya. (*)

Baca Juga : Usai Dilantik, Mahyeldi-Audy akan Tempati Rumah Dinas di Jalan Sudirman dan Raden Saleh

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]