Dapat Jatah 224 Unit Hutan Sosial, Alwis: Ini Jawaban dari Sengketa Agraria


Sabtu, 09 Januari 2021 - 19:27:01 WIB
Dapat Jatah 224 Unit Hutan Sosial, Alwis: Ini Jawaban dari Sengketa Agraria Sekdaprov Sumbar, Alwis. dok klikpositif.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Alwis mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyerahkan 2.929 Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial di seluruh Tanah Air, di seluruh Indonesia, luasnya 3.442.000 hektare (ha). Ini akan bermanfaat bagi kurang lebih 651.000 Kepala Keluarga (KK).

Selain itu, kata mantan Pjs Walikota Padang ini, juga diserahkan 35 SK Hutan Adat seluas 37.500 hektare dan 58 SK TORA seluas 72.000 hektare di 17 provinsi. Khusus Sumatera Barat menerima SK Perhutanan Sosial dari Presiden sebanyak 224 unit dengan lahan 228.658,09 ha.

Baca Juga : Pelantikan Pemuda Dewan Da’wah Solsel, Jimmi: Gencarkan Dakwah di Medsos, Berantas Hoaks

"Presiden sampaikan sejak lima tahun yang lalu pemerintah telah memberikan perhatian khusus terhadap redistribusi aset, karena hal tersebut terkait dengan tingkat kemiskinin dan ketimpangan ekonomi, khususnya yang terjadi di perdesaan dan di lingkungan sekitar hutan," ujar Alwis, kemaren.

Mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar ini menyebutkan, pemerintah akan terus mendorong redistribusi aset ini baik melalui kebijakan perhutanan sosial dan reforma agrarian dan, redistribusi aset juga menjadi jawaban atas sengketa agraria yang marak terjadi.

Baca Juga : Mentawai Jadi Daerah Terakhir yang akan Jemput Vaksin Covid-19 Tahap II

"Ini menjadi salah satu jawaban atas sengketa-sengketa agraria yang ada, baik itu antara masyarakat dengan perusahaan atau antar masyarakat dengan pemerintah," kata Alwis.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi menyerahan SK Hutan Sosial, Hutan Adat, dan Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di Istana Negara Jakarta, Kamis (7/1/2021). Presiden Jokowi secara simbolis menyerahkan SK Perhutanan Sosial untuk seluruh Indonesia sebanyak 2.929 SK seluas 3.442.460,2 ha bagi 651.568 KK.

Baca Juga : Hutama Karya Tegaskan Tidak Ada Penghentian Proyek Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Hanya...

Khusus untuk Provinsi Sumatra Barat sebanyak 126 SK, seluas 187.297,45 ha bagi 107.891 KK. Sedangkan untuk Hutan Adat diserahkan sebanyak 35 SK, seluas 37.526 ha. Presiden Jokowi juga menyerahkan SK TORA sebanyak 58 SK seluas 72.074,81 ha untuk 17 provinsi.

Jokowi mengatakan, sejak lima tahun terakhir pemerintah memiliki perhatian khusus terhadap redistribusi aset melalui program Reforma Agraria. Program ini penting untuk pemerataan ekonomi, khususnya di pedesaan dan sekitar kawasan hutan.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

"Reforma Agraria ini menjadi salah satu jawaban untuk mengatasi sengketa agraria yang terjadi. Karena itu pemerintah akan terus mendorong redistribusi aset ini, baik melalui kebijakan Perhutanan Sosial dan Reforma Agraria,” kata Presiden Jokowi. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]