Zakat di Padang Capai Rp22 Miliar Tahun 2020


Senin, 11 Januari 2021 - 19:17:55 WIB
Zakat di Padang Capai Rp22 Miliar Tahun 2020 Ketua Basnaz Padang, Epi Santoso.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Meski pandemi virus Corona atau Covid-19 di Kota Padang saat ini masih tinggi namun tidak mengurangi animo masyarakat untuk menyalurkan zakat. Hal ini terbukti hingga akhir 2020 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat berhasil menghimpun zakat masyarakat mencapai Rp22 miliar lebih.

Ketua Basnaz Padang, Epi Santoso mengatakan besarnya penerimaan zakat pada pandemi Covid-19 merupakan hal yang mengembirakan. Karena kesadaran masyarakat cukup tinggi dalam membayar zakat.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

Epi juga mengatakan, selama tahun 2020 lalu kegiatan sosial juga terus dilakulan untuk membantu masyarakat miskin, serta berbagai kegaitan lainnya.

"Alhamdulillan tahun 2020 kita sudah evaluasi dan tutup buku pada 31 Desember 2020. Walaupun di tengah pandemi target kita ditahun 2020 Rp22,5 miliar bisa dipenuhi 98 persen yaitu di angka Rp22,2 miloar lebih tercapai," ujar Epi seperti ditayangkan dari Youtube PadangTV, dilansir Harianhaluan.com, Senin (11/1/2021).

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

Epi menyebutkan pada tahun ini pihaknya membuat target Rp25,3 miliar. Sedangkan target yang didistribusikan Rp24,5 miliar.

Baznas merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

Dalam UU tersebut, Baznas dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama. Dengan demikian, Baznas bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan: syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]