Hati-hati, Masih Ditemukan Pelaku Usaha Kosmetik Ilegal di Padang


Senin, 11 Januari 2021 - 20:37:30 WIB
Hati-hati, Masih Ditemukan Pelaku Usaha Kosmetik Ilegal di Padang Kosmetik ilegal. Dok suara.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - BBPOM Padang mengakui pandemi Covid-19 berimbas terhadap perekonomian masyarakat dan hal yang wajar jika masyarakat berupaya mencari solusi dengan berkreasi salah satunya usaha kosmetika buatan rumah tangga.

Kendati demikian, keselamatan konsumen tetap menjadi hal prioritas, salah satunya dengan memperhatikan bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi.

Baca Juga : Tahun 2020, Capaian PAD Perumda AM Kota Padang Melebihi Target

"Masih ditemukan pelaku usaha nakal yang  mengabaikan keselamatan konsumen. Dalam proses produkinya, pelaku usaha menggunakan bahan kimia berbahaya demi meraup keuntungan besar dengan mengorbankan keselamatan konsumen," kata Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar, baru-baru ini.

Firduas Umar juga memberikan peringatan kepada pelaku usaha di daerah agar tidak memproduksi kosmetik buatan rumah tangga yang membahayakan keselamatan konsumen.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Umumkan Pemenang Lomba Karya Tulis Artikel HUT ke-46 Tahun

Untuk meminimalisir hal tersebut, Firdaus Umar mengatakan, bahwa pihaknya telah melalukan edukasi kepada konsumen yang mengkosumsi produk kosmetika, serta gencar melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada pelaku usaha yang dewasa ini kebanyakan memproduksi produk di lingkup rumah tangga.

Di satu sisi, menurut Firdaus Umar, juga perlu mengedukasi masyarakat terutama konsumen agar tidka sembarangan menjatuhkan pilihan. Sebaiknya konsumen menggunakan produk kosmetika yang telah mendpaatkan izin edar dari BBPOM.

Baca Juga : Ada 52 Kasus Pernikahan di Bawah Umur di Kota Padang Tahun 2020, Penyebab Utama 'Hamil Duluan'

"Jangan terbuai bujuk rayu iklan yan menghadirkan model artis-artis terkenal karena hal demikian tidak menjamin keamanan produk yang dipasarkan," pesannya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]