KPU Sumbar Siap Hadapi Sidang di MK Terkait Gugatan Paslon


Selasa, 12 Januari 2021 - 17:15:53 WIB
KPU Sumbar Siap Hadapi Sidang di MK Terkait Gugatan Paslon Yanuk Sri Mulyani

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan rapat koordinasi (rakor) ketiga kalinya pasca pengajuan gugatan sengketa pemilihan suara ke Mahkamah Agung (MK).

"Rapat kali ini kita hanya mengundang sebelas kabupaten dan kota yang ada permohonan masuk ke MK," kata Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani, Selasa (12/1/2021).

Baca Juga : Setelah Diusulkan Berhenti, DPRD Dharmasraya Umumkan Sutan Riska Sebagai Bupati Terpilih

Permohonan yang masuk ke kabupaten ada lima yakni Pesisir Selatan, Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok dan Kabupaten Padang Pariaman.

"Provinsi ada dua. Kemudian enam yang kita undang itu ialah yang masuk ke dalam lokus provinsi Sumbar yakni Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kota Pariaman, Kabupaten Tanah Datar, Solok Selatan dan Kota Solok," jelasnya.

Baca Juga : Hari Ini Sengketa Pilkada Mulai Disidangkan

Artinya, tujuh kabupaten, enam kota dan dua adalah gubernur. Kalau proses memasukkan permohonan tahapan sudah selesai dilaksanakan. Selanjutnya menunggu informasi dari MK terkait dengan pencatatan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) atau e-BRPK.

"Itu nanti paling lambat pada tanggal 18 Januari ini akan kita ketahui bagaimana prosesnya, apakah laporan akan berlanjut atau tidak," imbuhnya.

Baca Juga : KPU Tetapkan Andriwarman-Iwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam

Ditambahkannya, sebelas kabupaten dan kota yang diundang adalah dengan maksud, karena pihaknya memang fokus kepada pokok permohonan dari gugatan yang masuk.

"Dari lima kabupaten dan gugatan gubernur yang masuk akan kita susun secara sama-sama dan barang bukti yang perlu disediakan," ungkap Yanuk.

Baca Juga : DPRD Sahkan Pengangkatan Bupati dan Wabup Pasaman Terpilih

Selain itu, KPU Sumbar sudah meminta KPU kabupaten dan kota untuk menyiapkan kronologis seperti yang dimohonkan dalam surat permohonan.

"Kalau gugatan sudah teregister, kita KPU Sumbar dengan segala persiapan yang sudah dilakukan dan penyusunan-penyusunan, baik kronologis serta alat bukti yang disiapkan jauh-jauh hari, kita siap mengikuti sidang di MK," terangnya lagi.(*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Nova Anggraini

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]