Dua Korban Longsor Tambang Emas Ilegal di Solsel yang Dicari Tim Gabungan Ditemukan Meninggal


Rabu, 13 Januari 2021 - 23:59:05 WIB
Dua Korban Longsor Tambang Emas Ilegal di Solsel yang Dicari Tim Gabungan Ditemukan Meninggal Evakuasi korban longsor di Nagari Abai, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sembilan penambang emas ilegal di Nagari Abai, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dilaporkan tertimbun longsor, Senin (11/1/2021). Dari 9 penambang, empat diantaranya diketahui meninggal dunia dan lima orang lagi selamat. Kejadian itu bermula saat para penambang itu melakukan aktifitas di lokasi kejadian.

Kemudian, ketika keluar dari area tambang terjadi longsor yang menutup pintu keluar dan para penambang tertimbun. Kepala Kantor Badan Pertolongan Padang, Asnedi mengatakan, pihaknya mendapat info dari Romi Aprizal selaku Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Solok Selatan dengan lokasi PD TW 0111 2030 G telah terjadi enam orang penambang emas tertimbun longsor di Nagari Abai Kecamatan Sangir.

Baca Juga : Mapolsek Diserang Massa, Ruas Jalan Nasional Diblokade

"Kita menurunkan lima orang rescuer dari Kantor Basarnas Padang dan seorang potensi SAR Padang dan berangkat hari ini (13/1/2021). Kemudian, tim gabungan dari jajaran BPBD, kepolisian dan TNI juga sudah berjibaku di lokasi kejadian," jelas Asnedi.

Masing-masing korban yakni Suprianto, (25) alamat Pati Jawa Tengah, Audi (23) alamat Pati Jawa Tengah, Sutikno (35) alamat Pati Jawa Tengah, Arif (25) alamat Pati Jawa Tengah, Kuwok (25) alamat Pati Jawa Tengah, Miyanto alias Pak Bo (52) alamat Lampung, korban bernama Sulistiyono alias Gepeng (41) alamat Pati Jawa Tengah, Yudi (24) alamat Pati Jawa Tengah dan Keder (27) alamat Pati Jawa Tengah.

Baca Juga : Gunung Sinabung Erupsi ke-26 Kali, Kolom Abu Capai Setinggi 500 Meter

Usai dievakuasi, jenazah dua penambang yang ditemukan malam ini langsung dilarikan ke Puskesmas Abai. "Empat korban yang meninggal yakni, Yudi, Keder, Miyanto dan Sulistiyono. Korban yang tertimbun masih dilakukan pencarian oleh Polres Solok Selatan dan Polsek Sangir Batang Hari yang bekerja sama  BPBD Solok Selatan serta masyarakat," kata Asnedi. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]