Jangan Lakukan Lagi! Ini Kesalahan saat Memakai Masker


Kamis, 14 Januari 2021 - 01:16:35 WIB
Jangan Lakukan Lagi! Ini Kesalahan saat Memakai Masker Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Masker sudah menjadi barang penting saat sekarang ini. Karena di tengah pandemi Covid-19 saat sekarang ini masker menjadi barang pelindung diri. Memakai masker dapat menurunkan sirkulasi virus yang akan menurunkan rawat inap dan kematian. 

Tapi tahukah Anda, meski tahun sudah berganti masih banyak orang yang masih salah memakai masker. Apa saja kesalahan dalam memakai masker tersebut, berikut ulasannya:

Baca Juga : Waspadai Gejala Covid-19 tak Biasa pada Bayi

  • Tidak mencuci tangan sebelum dan sesudah melepas masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) merekomendasikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan masker. Studi mengungkapkan bahwa banyak pengguna masker lalai melakukannya. Sebanyak 35 persen dari peserta penelitian melaporkan tidak mencuci tangan sebelum memakai masker. 

Sementara 43,7 persen lainnya mengaku telah melepas masker tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Untuk mencegah penularan virus, Chotani menyarankan untuk mencuci tangan selama 20-30 detik sebelum mengenakan dan melepas masker.

Baca Juga : Antibodi 2-3 Pekan Baru Terbentuk Setelah Vaksin Dosis Kedua, Menkes: Risiko Tertular akan Lebih Kecil

  • Tidak membersihkan wajah setelah memakai masker

Penasihat medis senior Sedgwick Teresa Bartlett mengatakan mencuci wajah adalah suatu keharusan usai pakai masker. Namun 31,9 persen dari peserta survei mengungkapkan bahwa mereka tidak mencuci muka setelah memakai masker. 

  • Berbagi masker dengan orang lain

Survey menyatakan bahwa hampir 25 persen pemakai masker berbagi masker dengan orang lain. Masker kain menyerap tetesan dan keringat Anda, jadi jika dikenakan oleh orang lain selain diri Anda sendiri, pada dasarnya Anda menyebarkan cairan Anda ke orang lain.

Baca Juga : Pamer Kartu Vaksinasi COVID-19, Raffi Ahmad: Jangan Takut Vaksin

  • Menggunakan kembali masker sekali pakai

Masker sekali pakai seharusnya dibuang setelah digunakan. Tetapi survei mengungkapkan bahwa 44,2 persen peserta mengaku memakai masker sekali pakai beberapa kali sebelum membuangnya. Ilmuan memperingatkan agar tidak menggunakan kembali masker sekali pakai. Hal ini disebabkan karena masker sekali pakai dirancang, diproduksi dan disertifikasi hanya untuk penggunaan jangka pendek.

  • Tidak mencuci masker setelah digunakan berkali-kali

CDC merekomendasikan untuk mencuci masker kain setelah digunakan. Namun survei Signs.com mengungkapkan bahwa banyak pemakai masker yang dapat digunakan kembali gagal melakukannya. Setidaknya 10,6 persen dari peserta penelitian Signs.com mengatakan mereka tak mencuci masker meski telah dipakai hingga lebih dari dua minggu.

Baca Juga : Benarkah Mencabut Bulu Hidung Bisa Berujung Kematian? Ini Penjelasannya

  • Tidak menutupi hidung dan mulut dengan benar

Meskipun memakai masker dalam jangka waktu lama dapat membuat Anda lebih sulit bernapas, namun memakai masker tanpa menutupi mulut dan hidung sepenuhnya malah berisko. Banyak orang akan memakai masker mereka ditarik ke bawah, memperlihatkan hidung mereka, atau seluruh wajah mereka. Hal itu akan menghilangkan manfaat memakai masker.(*)

Editor : Merinda Faradianti

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]