Selain Indonesia, Ini 3 Negara Lain Pemakai Vaksin Sinovac Buatan China


Kamis, 14 Januari 2021 - 06:24:46 WIB
Selain Indonesia, Ini 3 Negara Lain Pemakai Vaksin Sinovac Buatan China Vaksin Sinovac digunakan oleh 4 negara

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Selain Indonesia, beberapa negara juga menggunakan vaksin Sinovac buatan China. Negara mana sajakah?

Dalam beberapa data yang dipublikasikan, efikasi vaksin Sinovac tercatat lebih rendah dibandingkan vaksin Pfizer yang mencapai 90 persen, dan vaksin Moderna 95 persen, atau vaksin AstraZeneca di kisaran 60 hingga 90 persen. Efikasi vaksin Sinovac dalam uji klinis di Indonesia hanya 65,3 persen.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Andalas Diberikan 2 Kali dalam Sepekan

seperti dilansir detikcom, meski demikian, organisasi kesehatan dunia WHO memang hanya mensyaratkan efikasi sebesar 50 persen untuk bisa disetujui.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar negara yang menggunakan vaksin Sinovac:

Baca Juga : Peduli Kanker pada Wanita, Upertis Gelar Layanan IVA Test dan Sadanis di Bukittinggi

1. China
Sempat muncul tudingan bahwa vaksin Sinovac tidak dipakai di negara asalnya. Faktanya, China menjadi salah satu negara yang menggunakan vaksin Sinovac untuk mengatasi pandemi COVID-19. Sudah 9 juta dosis disuntikkan sejak Agustus kepada kelompok berisiko tinggi termasuk tenaga medis.

2. Turki
Kementerian Kesehatan Turki telah mengumumkan rencana penggunaan Sinovac sejak akhir Desember 2020. Turki sepakat untuk memesan 50 juta dosis vaksin Sinovac.

Baca Juga : Waspadai Gejala Covid-19 tak Biasa pada Bayi

3. Brasil
Negara ini menjadi salah satu tempat uji klinis III vaksin Sinovac. Pada pertengahan November 2020, Brazil menerima 120 ribu dosis pertama Sinovac dan menunggu persetujuan regulator kesehatan nasional (Anvisa).

Brazil masih terus melakukan pengujian untuk mengetahui seberapa efektif vaksin Sinovac dalam pencegahan penularan COVID-19. Berdasarkan uji coba di Brazil, ditemukan efikasi yang lebih rendah dari yang ditemukan oleh ilmuwan di Turki meski masih berada di atas ketentuan WHO

Baca Juga : Antibodi 2-3 Pekan Baru Terbentuk Setelah Vaksin Dosis Kedua, Menkes: Risiko Tertular akan Lebih Kecil

4. Indonesia
Indonesia sendiri sudah mendatangkan 3 juta dosis vaksin Sinovac dalam bentuk produk jadi, dan 15 juta bulk atau bahan baku. Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama di Indonesia yang disuntik vaksin Sinovac pada Rabu (13/01/2021). (*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]