WHO Sebut Herd Immunity Belum Akan Terbentuk di 2021


Kamis, 14 Januari 2021 - 08:58:27 WIB
WHO Sebut Herd Immunity Belum Akan Terbentuk di 2021 Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan herd immunity atau kekebalan kelompok tidak akan bisa tercapai pada tahun 2021 ini. Meskipun program vaksinasi COVID-19 saat ini mulai dilakukan di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. 

Ilmuwan WHO, Dr Soumya Swaminathan mengatakan butuh waktu yang lama untuk membangun herd immunity tersebut. Walaupun vaksin telah diberikan, ia tetap mendesak warga dunia untuk melanjutkan penerapan protokol kesehatan termasuk jaga jarak yang ketat sepanjang tahun ini.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Andalas Diberikan 2 Kali dalam Sepekan

"Bahkan saat vaksin mulai diberikan untuk melindungi mereka yang rentan (dari COVID-19), kami tidak akan bisa mencapai tingkat kekebalan kelompok pada 2021," katanya saat menghadiri konferensi pers pada Senin (11/1/2021), yang dikutip detikcom dari Fox News, Kamis (14/1/2021).

"Bahkan jika itu terjadi di beberapa daerah, itu tidak akan melindungi orang di seluruh dunia," lanjutnya.

Baca Juga : Peduli Kanker pada Wanita, Upertis Gelar Layanan IVA Test dan Sadanis di Bukittinggi

Menurutnya, adanya vaksin harusnya tidak akan membuat masyarakat lupa dengan langkah-langkah pencegahan penularan yang selama ini diterapkan. Misalnya seperti menjaga jarak, menggunakan masker, dan menjaga kebersihan.

Kekebalan kelompok ini biasanya bisa dicapai melalui vaksinasi, jika orang dalam suatu populasi memiliki antibodi yang diperlukan untuk menangkal infeksi dan mencegah penyebaran virus. Para ahli memperkirakan butuh sekitar 75 persen dari populasi untuk mencapainya.

Baca Juga : Waspadai Gejala Covid-19 tak Biasa pada Bayi

Selain itu, penasihat direktur jenderal WHO Dr Bruce Aylward, meminta komunitas global untuk memastikan semua negara memiliki akses untuk mendapatkan vaksin.

Ia juga menambahkan, badan kesehatan PBB berharap beberapa negara miskin di dunia juga bisa mulai program vaksinasi pada bulan ini atau bulan depan.

Baca Juga : Antibodi 2-3 Pekan Baru Terbentuk Setelah Vaksin Dosis Kedua, Menkes: Risiko Tertular akan Lebih Kecil

"Kami tidak bisa melakukannya sendiri," ujar Aylward.(*)

Editor : Rahma Nurjana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]