Ribuan Dokumen Terkait UFO Muncul ke Publik, Benarkah Ada Alien?


Kamis, 14 Januari 2021 - 16:14:28 WIB
Ribuan Dokumen Terkait UFO Muncul ke Publik, Benarkah Ada Alien? ilustrasi alien.

SAINS, HARIANHALUAN.COM - Badan Intelijen Pusat AS atau CIA telah merilis ribuan dokumen terkait benda terbang tak dikenal (UAP) atau lebih dikenal sebagai UFO. CIA membuka data terkait UFO ini melalui Freedom of Information Act yang kini dapat diakses melalui unduhan di Black Vault, situs web yang dioperasikan oleh penulis dan podcaster John Greenwald Jr.

Badan intelijen pemerintah federal Amerika Serikat itu mengklaim telah memberikan semua informasi tentang UAP yang mereka miliki, meskipun tidak ada cara untuk membuktikan bahwa klaim itu benar. Karena itu, tidak diketahui kebenaran akan isi dokumen terkait UFO maupun aliens yang diungkap CIA kepada publik ini.

Baca Juga : Wah! Ada Planet Misterius Ditemukan, Punya Tiga Matahari

"Penelitian oleh The Black Vault akan terus dilakukan untuk melihat apakah ada dokumen tambahan yang masih ditemukan dalam kepemilikan CIA," kata Greenwald dalam sebuah pernyataan di situsnya, seperti dikutip New York Post dan dilansir dari HiTekno, Rabu (13/1/2021).

Rilis itu dilakukan beberapa bulan sebelum Pentagon dijadwalkan untuk Kongres singkat tentang semua yang diketahui tentang UAP. Permintaan akan dokumen mengenai alien sangat banyak sehingga CIA akhirnya menyusunnya ke dalam CD-ROM dan diunggah ke Black Vault, kemudian dibagi menjadi lusinan PDF yang dapat diunduh. Greenwald mengatakan bahwa ia yakin dokumen UFO tersebut sulit diurai karena alasan yang sudah diperhitungkan.

Baca Juga : Elon Musk Dikritik Usai Ngetweet Lowongan Kerja di Mars

"CIA telah membuatnya sangat sulit untuk menggunakan dokumen mereka dengan cara yang masuk akal. Menurut saya, format file yang sudah usang ini membuat orang sangat sulit melihat dokumen dan menggunakannya untuk tujuan penelitian apa pun," tambah Greenwald.

Greenwald telah mengambil banyak permintaan Freedom of Information Act selama dua dekade terakhir, dalam mengejar temuan non-rahasia tentang UAP yang dikumpulkan oleh pemerintah Amerika Serikat sejak 1996. Perilisan mengenai dokumen UFO dilakukan di tengah ketertarikan banyak orang pada alien, yang ditunjukkan oleh peningkatan penampakan UFO baru-baru ini, serta popularitas viral yang berkaitan dengan kehidupan di luar Bumi.

Baca Juga : Rute Pesawat Tidak Melintasi Samudra Pasifik dan Gunung Everest, Ini Alasannya?

Tahun lalu, Departemen Pertahanan bahkan secara resmi mengumumkan video mengejutkan yang diambil oleh pilot Angkatan laut pada 2004 dan 2015 mengenai UFO. Itulah kabar terkini dari CIA yang telah membuka ribuan dokumen terkait UFO kepada publik. Tentunya akan menarik perhatian untuk para pemburu alien. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]