Ini Saran Legislator Sumbar Jika Mentawai Ingin Menjadi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional


Kamis, 14 Januari 2021 - 18:18:28 WIB
Ini Saran Legislator Sumbar Jika Mentawai Ingin Menjadi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), Mukhlis Yusuf Abit. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), Mukhlis Yusuf Abit mengatakan, Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan salah satu icon wisata di provinsi ini. Tetapi masih banyak yang perlu dipersiapkan. Pertama runway bandara harus diselesaikan secepatnya.

"Sehingga masuk pesawat-pesawat domestik yang menuju ke sana. Kedua telekomunikasi, ini penting untuk kita mempromosikan wisata di Mentawai ke mancanegara," kata Mukhlis Abit seperti ditayangkan dalam YouTube RRI Padang, dikutip Harianhaluan.com, Kamis (14/1/2021).

Mukhlis Abit menambahkan, hal ini karena Mentawai masuk urutan nomor 3 secara nasional dari segi surving-nya, ada wisata diving, dan lain sebagainya. Namun saat ini masih terkendala karena Covid-19.

"Tentu seluruh sektor harus mempersiapkan diri juga bagaimana caranya masyarakat, leading sektornya yakni dinas pariwisata Mentawai maupun provinsi, untuk mempersiapkan pariwisata Mentawai secara internasional," ujar Mukhlis Abit.

Menurut Mukhlis Abit, dalam penataan ruang tidak seluruh kawasan di Mentawai bisa dijadikan wisata. Ini tentu Dinas Pariwisata setempat yang mengetahui spot-spot yang bisa digarap untuk bertaraf internasional.

"Ini (penataan ruang) perlu pemetaan, apalagi kalau diiringi regulasi. Di provinsi juga meluncurkan wisata halal, dan juga harus kita edukasikan kepada masyarakat," ucap Mukhlis Abit.

Lebih lanjut, kata Mukhlis Abit, edukasi ini perlu dilakukan karena ada sebagian masyarakat masih bingung yang dimaksud dengan wisata halal. Dalam Perda wisata halal tersebut bahwa pelayanan dan kebersihan yang paling penting.

"Nah Perda inilah yang perlu disosialisasikan oleh Kadis Pariwisata Mentawai dengan bersinergi bersama Provinsi," sebut Mukhlis Abit.

Terkait persoalan bandara, telekomunikasi, akses jalan antar Pulau Siberut, Sipora dan Sikakap tidak bisa menggunakan pesawat, menurut Mukhlis Abit, Mentawai perlu menciptakan transportasi dengan daya tempuh yang cepat, seperti kapal cepat.

"Jadi ini yang perlu dipersiapkan Mentawai jika ingin menjadi wisata internasional disamping promosi. Kalau regulasi bisa DPRD Mentawai dan Provinsi untuk menjual Mentawai agar menarik wisata internasional," ulas Mukhlis Abit.

Mukhlis Abit menegaskan, boleh saja bermimpi namun harus mempersiapkan diri sebaik mungkin sehingga membuat pengunjung pariwisata nyaman. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]