Kinerja Keuangan Bank Nagari Tahun 2020 Sangat Bagus


Kamis, 14 Januari 2021 - 20:20:01 WIB
Kinerja Keuangan Bank Nagari Tahun 2020 Sangat Bagus FOTO BERSAMA – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad, jajaran Direksi dan Komisaris Bank Nagari, serta Ketua PWI Sumbar Heranof Firdaus, berfoto bersama usai ekpose pencapaian kinerja Bank Nagari tahun 2020, di Aula Lantai IV Kantor Pusat Bank Nagari, Jl. Pemuda 21 Padang. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM– Sepanjang tahun 2020, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat atau yang lebih dikenal dengan Bank Nagari, ternyata mampu menunjukkan kinerja keuangan yang sangat bagus.

“Meskipun di tengah pandemi Covid-19, Bank Nagari berhasil mencatatkan total aset pada Desember 2020 sebesar Rp25,70 triliun dengan pertumbuhan sebesar Rp1,26 triliun atau sebesar 5,18 %. Pencapaian ini melampaui target hingga Desember 2020 sebesar 104,39%,” kata Direktur Utama Bank Nagari Muhamad Irsyad, saat memaparkan kinerja keuangan Bank Nagari tahun 2020  (sebelum diaudit), di Aula Lantai IV Kantor Pusat Bank Nagari, Jl. Pemuda 21 Padang, Kamis (14/1).

Baca Juga : Ternyata Ini Harta Karun RI yang Bernilai Ratusan Triliun

Muhamad Irsyad yang saat itu itu didampingi Direksi lainnya Syafrizal (Direktur Operasional), Gusti Candra (Direktur Kredit dan Syariah), Sania Putra (Direktur Keuangan) dan Restu Wirawan (Direktur Kepatuhan), serta Komisaris Utama Hamdani dan anggota komisaris lainnya, juga Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan,  selain pertumbuhan aset,  kredit yang disalurkan pada nasabah pun mengalami peningkatan.

“Total kredit/pembiayaan pada Desember 2020 sebesar Rp19,54 triliun dengan pertumbuhan sebesar Rp610,13 M atau sebesar 3,22 % (YoY) dan telah melebihi dari target 2020 dengan pencapaian sebesar 100,68%. Sedangkan untuk share pembiayaan Syariah terhadap total kredit pembiayaan sebesar 8,10%,  tumbuh sebesar Rp73,01 miliar atau sebesar 4,83 % (YoY),” urainya.

Baca Juga : Berhenti Mogok, Pedagang Daging Sapi Mulai Jualan Hari Ini

Hebatnya lagi, meski di tengah pandemi, nominal non performing loan (NPL/ kredit bermasalah) pada Desember 2020 tercatat sebesar Rp565,59 miliar, atau berhasil diturunkan dari posisi Desember 2019 yang sebesar Rp583,29 miliar.  

“NPL pada Desember 2020 tercatat sebesar 2,89%, atau turun dari kondisi Desember 2019 yang sebesar 3,08 %,” kata Irsyad.

Baca Juga : Diklat 3 in 1 Batik Tulis Diharapkan Buka Peluang Usaha Baru di Pariaman

Irsyad juga menyebutkan, total Dana Pihak Ketiga (DPK) pada Desember 2020 sebesar Rp20,41 triliun dengan pertumbuhan sebesar Rp 929,5 miliar  atau sebesar 4,77 % dan telah melebihi dari target 2020 dengan pencapaian sebesar 103,69%. Share DPK Syariah terhadap total Dana Pihak Ketiga sebesar 10,25 % tumbuh sebesar Rp560,24 miliar atau sebesar 36,56 %  (YoY) dan realisasi laba bersih pada Desember 2020 sebesar Rp332,70 miliar dengan pencapaian target 129,88% .

 "Dengan demikian, Bank Nagari tetap menjadi market leader di industri perbankan Sumatera Barat. Capaian ini akan semakin memacu spirit kita untuk mempertahankan dan meningkatkannya di tahun 2021 ini dan tahun-tahun yang akan datang," ujar Muhamad Irsyad.

Baca Juga : Dua Nagari di Pessel Panen Durian, Hasil Produksi Capai Rp400 Juta

Disebutkannya untuk tahun 2021 ini, Bank Nagari akan menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp1, 2 triliun dimana Rp1 triliun untuk konvensional dan Rp200 miliar untuk unit usaha syariah (UUS). Selain itu telah disetujui pemberian kredit perumahan rakyat (KPR) sebanyak 1.100 unit lebih.

"Termasuk juga di tahun ini, pengembangan teknologi digitalisasi, dimana untuk Mobile Banking pada tahun 2019 terdapat 44.700 nasabah mengalami peningkatan 2 kali lipat di tahun 2020 dengan total nasabah tahun 2020 yang menggunakan mobile banking lebih kurang 87 ribu. Selain itu, di tahun 2020 juga telah di launching layanan Quick Respond Indonesian Standard (QRIS)," katanya.

Beragam penghargaan juga diraih Bank Nagari di tahun 2020. Di antaranya Bank Nagari meraih penghargaan terbaik I untuk kategori kepatuhan pelaporan pada aplikasi Bank Indonesia Sistem Informasi Layanan Kas (BISLIK) perbankan dan terbaik I untuk pelaksanaan perluasan Quick Respond Indonesian Standard (QRIS) sebagai upaya mendorong transaksi non tunai di Sumatera Barat, serta tertib Administrasi Iuran dari BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, di tahun 2020, tepatnya di bulan November, sesuai dengan hasil rapat umum pemegang saham, Bank Nagari diamanahkan untuk mempersiapkan diri menjadi Bank Syariah

"Untuk itu, saat ini Kita sedang mempersiapkan korporate plan syariah 2021/2025. Selain itu, untuk meyakinkan nasabah agar tetap di Bank Kita apabila telah di konversi menjadi Bank Syariah, Kita juga telah melakukan sistem door to door untuk meminta persetujuan nasabah untuk tetap di Bank kita," katanya.

Komisaris Utama Bank Nagari Hamdani menyatakan, capaian-capaian yang telah di raih oleh Bank Nagari tidak terlepas dari kinerja manajemen serta kerja sama yang baik dari seluruh elemen yang ada.

"Ditopang manajemen operasional yg baik, sehingga dapat meminimalkan kendala-kendala operasional. Selain itu team work yg solid, sehingga permasalahan yang ada bisa cepat di selesaikan dalam memberikan layanan bank yang terencana. Harapan kami, hal ini dapat ditingkatkan sehingga lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi capaian yang telah diraih oleh Bank Nagari. Ia bahkan mengatakan deviden dari Bank Nagari adalah salah satu pendapatan asli daerah (PAD) terbesar setelah pajak kendaraan bermotor.

"Walaupun di tengah pandemi, namun Bank Nagari tetap eksis dengan mengalami peningkatan dari jumlah asetnya. Selain itu, konvensi menjadi Bank Syariah pun telah disetujui banyak pihak, satu persatu syarat yang di ajukan oleh OJK mulai di penuhi. Mudah-mudahan target di tahun ini menjadi Bank Syariah terpenuhi," kata Irwan Prayitno. (*)

Reporter : Atviarni | Editor : Heldi Satria

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]