Periksa 8.000 Sampel Spesimen Sehari, Sumbar Pecahkan Rekor Testing Tertinggi Nasional


Sabtu, 16 Januari 2021 - 01:20:14 WIB
Periksa 8.000 Sampel Spesimen Sehari, Sumbar Pecahkan Rekor Testing Tertinggi Nasional Jubir Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Ekaputra, M.Sc berhasil menguji sekitar 8617 sampel pada Kamis (14/1) kemarin. Angka tersebut tentu saja membuat Sumbar menorehkan rekor baru nasional dalam pemeriksaan sampel swab harian.

Sebelumnya pemeriksaan sampel hanya berkisar 5-7 ribu per hari. Namun, kemarin menjadi rekor nasional karena Laboratorium Unand menguji sampel hampir dua kali lipat dari biasanya. Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan tingginya jumlah spesimen dikarenakan adanya renovasi yang dilakukan Lab Unand.

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik

"Ini adalah rekor nasional, pemeriksaan sample spesimen terbanyak di laboratorium yang pernah terjadi di Indonesia. Renovasi mendukung tim lebih cepat dalam memeriksa sampel," katanya, Jumat (15/1/2021).

Renovasi yang dimaksud adalah penambahan ruang uji dan infrastruktur pendukung sangat membantu dalam pengujian sampel. Kemudian kinerja maksimal lab Unand juga turut diimbangi oleh Balai Pengujian Baso. Tercatat sebanyak 585 sampel diperiksa lab Baso kemarin.

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

"Ini juga rekor tersendiri bagi lab Baso," tambahnya.

Tingginya pengujian sampel, positif rate (PR) Sumbar per Kamis (14/1/2021) kemarin kembali jauh di bawah PR nasional dan WHO. Jika PR nasional mencapai 14 persen dan WHO 5 persen. Jasman mengungkapkan sedangkan Provinsi Sumbar mencatatkan 2.1 persen saja.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

“Semoga ke depan lebih banyak lagi sample swab warga yang diperiksa. Tidak hanya Sumbar, sampel dari provinsi tetangga pun siap kita periksa. Kekuatan lab tak menjamin masyarakat aman dari bahaya penularan Covid. Untuk itu, patuhi protokol kesehatan karena itu cara terampuh dalam memutus rantai penyebaran virus berbahaya ini," tutupnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]