Warga AS Ternyata juga Diberi BLT, Jumlahnya Nggak Kaleng-kaleng


Sabtu, 16 Januari 2021 - 08:56:26 WIB
Warga AS Ternyata juga Diberi BLT, Jumlahnya Nggak Kaleng-kaleng Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat terpilih Joe Biden mengumumkan paket stimulus USD1,9 triliun atau setara Rp26.655 triliun untuk menopang perekonomian. Rencana ini pun harus disetujui oleh Kongres.

Paket stimulus yang diumumkan tersebut disampaikan jelang pelantikan Biden sebagai Presiden AS pada Rabu (20/1/2021). Selain itu, Biden juga akan memberikan tunjangan tunai USD1.400 atau sekitar Rp19,6 juta kepada semua warga Amerika Serikat (AS).

Baca Juga : Berkat Vaksin, Akankah COVID-19 Berakhir di Penghujung 2021?

Di samping itu, sebagian dana akan digunakan untuk memerangi virus corona sebesar USD415 miliar dan USD440 miliar untuk usaha skala kecil.

Biden, dari Partai Demokrat, telah berjanji untuk mengatasi pandemi, yang sejauh ini telah menyebabkan lebih dari 385.000 orang meninggal dunia di AS.

Baca Juga : Presiden Duterte Ancam Usir Tentara AS dari Filipina, Lho Kenapa?

Dalam pidatonyadari kota asalnya di Wilmington, Delaware, Biden mengatakan bahwa krisis kemanusiaan yang dalam sudah menjadi kenyataan dan tidak boleh membuang-buang waktu.

"Kesehatan bangsa kita dipertaruhkan. Kita harus bertindak dan kita harus bertindak sekarang," ujarnya, dilansir dari BBC Indonesia, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga : Gagasan Baru! Ide Paspor Vaksin Bakal Pulihkan Ekonomi Negara

Namun dia juga mengakui rencana itu kemungkinan akan mengalami hambatan.

Sebelumnya, emerintah AS sepakat menyiapkan paket stimulus ekonomi Covid-19 senilai USD900 miliar, setara Rp12.600 triliun. Dana tersebut akan digunakan untuk mengatasi dampak dari pandemi Covid-19 terhadap ekonomi.

Baca Juga : Mengupas Pasukan Pembungkam Aktivis di Saudi, Pembunuh Jamal Khashoggi

Juru Bicara Kongres, Nancy Pelosi mengatakan, kesepakatan di kalangan anggota DPR itu muncul sehari sebelum voting. Adapun proses voting diambil pada Senin (21/12/2020) waktu setempat.

Berikut isi paket stimulus Covid-19 terbaru AS dikutip dari Reuters:

1. Bantuan tunai langsung baru USD600 per orang

2. Kenaikan tunjangan pengangguran, termasuk tambahan USD300 per minggu.

3. Pinjaman USD284 miliar, termasuk subsidi bagi koran lokal, TV, dan radio. Angka ini termasuk 15 miliar dolar AS untuk pertunjukan, bioskop independen, dan lembaga kebudayaan. (*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : okezone
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]