13.231 Kotak Sampah Infeksius Covid-19 Sudah Dimusnahkan DLH Kota Padang


Sabtu, 16 Januari 2021 - 14:39:10 WIB
13.231 Kotak Sampah Infeksius Covid-19 Sudah Dimusnahkan DLH Kota Padang Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon mengatakan sampah medis yang dihasilkan pasien baik itu isolasi mandiri dan di rumah sakit dapat ditangani dengan baik. Ia mengungkapkan, hingga Sabtu (16/1/2021) sebanyak 13.231 kotak sampai infeksius Covid-19 sudah dimusnahkan.

"Sampai dengan hari ini sudah sebanyak 13.231 kotak yang telah dimusnahkan ke Kiln Semen Padang. Hingga Desember 2020 kemarin saja mencapai 12.859 kardus," katanya saat dihubungi Harianhaluan.com.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

Ia melanjutkan, sampah medis berupa masker sekali pakai, APD, sarung tangan, jarum suntik, dan peralatan medis lainnya memerlukan tindakan khusus untuk memusnahkannya. Selain itu, masyarakat juga harus memisahkan sampah medis tersebut dengan sampah rumah tangga.

Katanya, penjemputan sampah medis dua kali seminggu itu nantinya akan diangkut ke insinerator kiland Semen Padang. Kemudian, sampah medis selanjutnya akan dibakar dengan suhu diatas 1000 derajat celcius.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

"Masyarakat juga harus bijak memisahkan sampah medis dengan sampah rumah tangga. Karena memusnahkan sampah medis harus dengan cara khusus tidak bisa sembarangan," terangnya.

Karena sampah masker sekali pakai termasuk dalam sampah medis B3 yakni bahan berbahaya beracun. Mairizon menyebutkan, jika masyarakat disiplin dalam mengelola sampah medis diharapkan penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan.(*)

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]