Ahli Imunologi UGM: Pasien Sembuh dari Covid-19 Tak Perlu Divaksin


Sabtu, 16 Januari 2021 - 18:22:30 WIB
Ahli Imunologi UGM: Pasien Sembuh dari Covid-19 Tak Perlu Divaksin Ilsutrasi vaksinasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ahli Imunologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), dr. Deshinta Putri Mulya, M.Sc., Sp.PD, KAI(K) menyebutkan, orang yang pernah terinfeksi Covid-19 dan dinyatakan sembuh tidak perlu diberikan vaksin, sebab telah mendapat antibodi.

"Orang yang sudah pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sembuh tidak usah divaksin," kata Deshinta dikutip dari laman UGM, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga : Seleksi ASN 2021, Ada 183 Ribu Formasi PPPK Non Guru Disiapkan

Deshinta menuturkan pada tubuh manusia yang telah terpapar virus Covid-19 sudah membuat sistem kekebalan tubuh atau antibodi. 

"Logikanya yang terkonfirmasi Covid-19 dan sembuh sudah punya antibodi," terangnya.

Baca Juga : Pemerintah Daerah Diminta Mempercepat Proses Vaksinasi Covid-19

Seperti diketahui, pemerintah telah memulai program vaksinasi untuk menekan penyebaran penularan Covid-19 sejak Rabu (13/1/2021). Program ini dimulai dengan suntik vaksin secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta jajarannya.

Selanjutnya diikuti oleh pejabat publik, tokoh masyarakat dan tenaga kesehatan. Program suntik vaksin ini diharapkan bisa mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity sehingga nantinya bisa menghentikan pandemi.

Baca Juga : Presiden Jokowi Sebut PPKM Mikro Efektif Tekan Laju Kasus Covid-19

Program suntik vaksin ini dilakukan secara bertahap, saat ini diprioritaskan bagi para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]