Ketua MPR: Tindak Tegas Penyebar Isu Hoaks Vaksin Covid-19!


Sabtu, 16 Januari 2021 - 21:00:05 WIB
Ketua MPR: Tindak Tegas Penyebar Isu Hoaks Vaksin Covid-19! Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Dok kompas.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan aparat meningkatkan patroli cyber di dunia maya dengan memantau akun-akun yang menyebarkan informasi bohong atau hoaks vaksin Covid-19.

"Sekaligus menindak tegas oknum-oknum yang menyebarkan berita bohong atau hoaks terkait vaksin Covid-19. Sehingga masyarakat tidak terhasut isu-isu hoaks vaksin Covid-19," tulis Bamsoet, begitu dia akrab disapa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (16/1/2020).

Baca Juga : Jangan Main-main dengan Vaksin Covid-19, Ini Ultimatum Mabes Polri

Adanya pemberitaan bohong tentang vaksin yang beredar di masyarakat melalui media sosial, jelas Bamsoet meresahkan dan sekaligus membuat masyarakat ragu untuk divaksin. Kepada Kementerian kesehatan diminta untuk terus menyampaikan informasi tentang vaksin agar masyarakat memahami pentingnya vaksinasi tersebut.

Bamsoet juga meminta pemerintah melibatkan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tenaga kesehatan untuk terus menyiapkan strategi komunikasi yang baik, seperti dengan memberikan pemahaman dan informasi yang utuh serta komprehensif kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk menghindari disinformasi atau hoaks.

Baca Juga : Awas Tertipu! Ini Daftar 28 Investasi Bodong yang 'Disikat' OJK

Kepada Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dimintanya menyampaikan bahwa kandungan vaksin tersebut aman untuk digunakan pada manusia, agar berita hoaks tentang vaksin Covid-19 yang berkembang khususnya di media sosial, dapat terimbangi dengan adanya informasi utuh dari BPOM.

"Sebab masyarakat banyak mendapatkan pemahaman yang salah dari informasi hoaks yang beredar dan hal ini bisa berdampak pada keengganan atau ketakutan masyarakat untuk divaksinasi Covid-19," papar Bamsoet. (*)

Baca Juga : Kabar Baik! Kementan Berikan Pendampingan Intensif Bagi Petani

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]