Ketua LTMPT: Lulusan Madrasah Tidak Bisa Masuk SNMPN


Sabtu, 16 Januari 2021 - 22:17:37 WIB
Ketua LTMPT: Lulusan Madrasah Tidak Bisa Masuk SNMPN Ketua Pelaksasana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Widyobroto. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi Widyobroto mengatakan, yang diizinkan mengikuti Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) hanya Program Studi (Prodi) umum, untuk yang lulus dari lulusan keagamaan atau Madrasah tidak bisa masuk.

"Artinya yang lulusan jurusan keagamaan tidak diizinkan, kita mohon maaf dan termasuk adik-adik yang berkaitan dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jika memilih program studi harus dilihat betul," ujar Budi dalam kegiatan Sosialisasi SNMPTN dan SNMPN Penerimaan Mahasiswa Baru 2021 seperti ditayangkan melalui Youtube Dirjen Jenderal Pendidikan Vokasi, dilansir Harianhaluan.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga : Dosbing Politeknik ATI Padang Bisa Pantau Mahasiswa Selama Laksanakan KKP di Industri

Budi menambahkan, termasuk juga persyaratannya itu diizinkan atau tidak. Jika dilihat program studi dari PTKIN disediakan dan ditawarkan baik untuk dipilih di SNMPN tidak ada program studi keagamaan.

"Beberapa teman-teman di PTKIN juga sering bertanya hal ini. Beberapa perguruan tinggi juga punya program studi keagamaan. Misalkan Bahasa Arab, Ekonomi Syariah. Kalau yang ada di perguruan tinggi, seperti di Uner ada prodi Ekonomi Syariah, UGM ada Bahasa Arab. Itu diizinkan adik-adik lulusan MA," katanya.

Baca Juga : Bangun Sinergi Menguatkan Pendidikan Vokasi, Politeknik Negeri Padang Gandeng SMK di Riau

Menanggapi pertanyaan itu, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Wikan Sakarinto menyarankan kepada siswa lulusan Madrasah untuk mengunjungi website perguruan tinggi masing-masing yang sesuai dengan lulusannya. 

"Yang menentukan adalah perguruan tinggi masing-masing berdasarkan data yang diunggah. Dimasing-masing laman web perguruan tinggi ini juga dibuat aturan, dan standarnya," ujar Wikan.

Baca Juga : Kemendikbud Lanjutkan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet di Tahun 2021

Untuk MAN ataupun MA, Wikan menambahkan, cukup banyak program studi yang disediakan. Maka silahkan kunjungi halaman web masing-masing perguruan tinggi karena sudah disediakan berbagai macam pilihan program studinya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]