Ternyata Menyehatkan, Berikut Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Fisik dan Mental


Ahad, 17 Januari 2021 - 05:04:29 WIB
Ternyata Menyehatkan, Berikut Manfaat Mandi Air Dingin Bagi Fisik dan Mental Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Fakta menyebutkan mandi menggunakan air dingin memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya menyehatkan fisi tapi juga dapat memberikan efek positif bagi mental. Sehingga, mandi menggunakan air dingin cocok sekali dijadikan kebiasaan bagi tubuh Anda.

Nah, penasaran apa saja manfaatnya bagi kesehatan fisik dan mental? Berikut ulasannya:

Baca Juga : 4 Maret Hari Obesitas Sedunia, 1 dari 3 Orang Indonesia Mengalami Obesitas

  • Melancarkan sirkulasi darah

Air dingin yang menyentuh tubuh mampu memberikan rangsangan pada aliran darah. Hal ini karena tubuh berusaha menjaga suhu yang ideal sehingga jantung akan memompa aliran darah secara lebih efisien. Sehingga peredaran darah yang lancar akan membuat Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular. 

  • Meningkatkan mood

Beberapa peneliti menemukan bahwa mandi air dingin dapat memberi manfaat bagi fisik maupun mental.  Menurut Medical Hypotheses, mandi dengan air dingin mampu mengaktifkan sistem saraf simpatik serta meningkatkan hormon endorfin. Hormon endorfin inilah yang memicu rasa senang pada tubuh dan pikiran. Sehingga mood dapat terbangun dengan baik. 

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Anak-anak, Tubuh Sering Sembab

  • Dapat menenangkan kulit iritasi

Jika Anda memiliki kondisi khusus pada kulit seperti eksim atau psoriasis, mandi air dingin dianjurkan untuk menjaga agar tidak gatal. Mandi dengan air hangat justru akan menghilangkan minyak alami dari permukaan kulit. Mandi dengan air dingin sangat dianjurkan jika Anda memiliki masalah dengan skin barrier seperti iritasi, kulit mengelupas, dan sebagainya. 

  • Membuat kulit bercahaya

Mandi dengan air dingin mampu mengencangkan kulit. Di samping itu, air dingin juga mampu menghambat aliran darah sehingga membuat kulit menjadi bersinar dan lebih sehat. Tidak seperti air panas, air dingin tidak akan membuat lapisan minyak alami kulit menjadi kering. 

Baca Juga : Untuk Lansia di Indonesia Lho! Vaksinasi Covid-19 Bisa Drive-Thru, Begini Caranya

  • Meredakan rasa sakit

Mandi dengan air dingin dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini disebabkan paparan air dingin yang mampu menyebabkan pembuluh darah mengerut. Sehingga pembengkakan dan penumpukan cairan dalam tubuh berkurang.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Popbela
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]