Pessel Kembangkan Potensi Agrowisata Pertanian dan Perkebunan


Ahad, 17 Januari 2021 - 09:09:20 WIB
Pessel Kembangkan Potensi Agrowisata Pertanian dan Perkebunan Pessel Kembangkan Potensi Agrowisata Pertanian dan Perkebunan

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Potensi besar yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) disektor pertanian dan perkebunan, ternyata juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan eduwisata bagi masyarakat pengunjung. Potensi itu bisa berkembang secara pesat bila dikelola secara baik seiring dengan telah dijadikannya Pessel sebagai salah satu daerah kunjungan wisata utama di Sumbar saat ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhortbun) Pessel, Nusirwan, Rabu (13/1) di Painan. Katanya, besarnya potensi sektor pertanian dan perkebunan yang dimiliki oleh Pessel, ternyata tidak saja sekedar menjadikan daerah ini sebagai pangannya Sumbar. Namun lebih dari itu, yakni juga bisa dikembangkan sebagai kawasan agrowisata dan eduwisata bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga : Keren! Kawasan Danau Maninjau Diusulkan Jadi Wisata Unggulan Nasional

"Kami melakukan kerjasama dengan berbagai stakeholder terkait, akan terus berupaya mengembangkan potensi sektor pertanian dan perkebunan. Sebab potensi itu juga memiliki nilai guna terhadap pengembangan pariwisata yang terus berkembang di daerah itu," katanya dikutip Minggu (17/1/2021).

 Eduwisata dan ekowisata pertanian akan menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel. Potensi ini cukup besar bisa dikembangkan, sebab akan menjadi destinasi bagi wisata-wisata lainnya di daerah ini. Agar pengembangan bisa dilakukan secara maksimal sesuai dengan potensi yang ada, sehingga dukungan dan kerja sama dari pemerintahan nagari, maupun dari masyarakat petani itu sendiri sangat dia harapkan.

Baca Juga : Sandiaga Uno Sebut Ajakan Presiden Cintai Produk Lokal Bisa Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

"Selain stakeholder terkait, kita juga sangat mengharapkan kerja sama dari pemerintah nagari dan masyarakat petani dalam mengembangkan potensi eduwisata dan ekowisata yang ada itu. Sebab keberadaan lokasi atau kawasan yang akan dikembangkan, hampir tersebar di semua nagari di daerah ini," ujarnya.

Ditambahkan lagi bahwa eduwisata dan agrowisata akan menjadi magnet bagi semua keluarga yang akan melakukan liburan ke Pessel. Dampaknya jelas akan membuat sektor pertanian juga bisa menggeliat, disamping juga sektor lainnya. Bahkan melalui sektor itu, perekonomian masyarakat petani melalui produksi non komoditi juga akan meningkat, yang pada akhirnya membawa kesejahteraan bagi masyarakat secara umum di daerah itu.(*)
 

Baca Juga : Dampak Pandemi Covid-19, Hanya Seorang Wisman Kunjungi Riau

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]