Wakil Walikota Sawahlunto Beberkan Catatan Penting Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah


Ahad, 17 Januari 2021 - 12:18:24 WIB
Wakil Walikota Sawahlunto Beberkan Catatan Penting Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Zohirin Sayuti

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Setelah sepekan dilaksanakan, Pemerintah Kota Sawahlunto akan tetap melanjutkan pembelajaran tatap di semua di sekolah, dengan melakukan pengawasan ketat, khususnya dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes).

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Sawahlunto, Zohirin Sayuti kepada harianhaluan.com melalui telepon genggamnya, Minggu (17/1).

Baca Juga : Menuju Transformasi Akreditasi Nasional, UIN Sunan Kalijaga Rangkul IAIN Batusangkar

Kebijakan untuk terus menggelar pembelajaran tatap muka, lanjut Zohirin Sayuti, tidak terlepas dari dorongan para orang tua yang khawatir anak-anak mereka ketinggalan pelajaran.

Yang tidak kalah pentingnya, tambah wakil wali kota, anak-anak juga senang dalam belajar.

Baca Juga : Dosbing Politeknik ATI Padang Bisa Pantau Mahasiswa Selama Laksanakan KKP di Industri

Namun demikian, yang menjadi catatan penting dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka itu, anak dan guru harus selalu menerapkan Prokes. Mulai dari pakai masker, menjaga jarak dalam berkomunikasi, sering cuci tangan dengan sabun, serta tidak berkerumun.

Di samping itu, jika ada guru atau pelajar yang kurang sehat, dianjurkan untuk tidak datang ke sekolah.

Baca Juga : Bangun Sinergi Menguatkan Pendidikan Vokasi, Politeknik Negeri Padang Gandeng SMK di Riau

Poin penting lainnya, terang Sekda di era Wali Kota Amran Nur itu, belajar tatap muka juga digelar secara bergantian, di mana satu rombongan belajar paling banyak 15 orang.

"Satu hari belajar di sekolah, satu hari berikutnya belajar di rumah. Untuk belajar di sekolah tanpa ada jam istirahat, kantin sekolah juga tidak buka," katanya.

Baca Juga : Kemendikbud Lanjutkan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet di Tahun 2021

Pihak sekolah sendiri, juga diwajibkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Tidak hanya sampai di situ, dari hasil pemantauan yang dilakukan Pemerintah Kota Sawahlunto terhadap 22 sekolah sebelumnya, pelajar dianjurkan diantar oleh orang tua, atau menggunakan jasa ojek langganan, dengan membawa helm sendiri.

Zohirin Sayuti mengungkapkan pembelajaran tatap muka juga memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai proses pembelajaran, terutama dalam membentuk karakter pelajar.

"Selain itu, jika hanya belajar di rumah tidak semua orang tua bisa menjelaskan dengan benar materi pembelajaran yang ada," katanya.

Terakhir, Zohirin Sayuti menghimbau semua pihak untuk disiplin dalam menerapkan Prokes dalam kehidupan sehari-hari, dengan pulihnya aktifitas ke depan.(*)

Reporter : Fadilla Jusman | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]