Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter


Ahad, 17 Januari 2021 - 22:54:35 WIB
Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang pada Minggu (17/1/2021) petang kembali mengalami erupsi. (FOTO ANTARA/HO-BPBD Karo)

MEDAN,HARIANHALUAN.COM-Bencana letusan gunung kembali  terjadi lagi. Gunung Sinabung di provinsi Sumatera Utara meletus, Minggu petang (17/1/2021).

Menurut Plt Kepala (BPBD) Kabupaten Karo, Sumut  Natanail Perangin-angin,  Gunung Sinabung   pada Minggu (17/1) petang sekitar pukul 16.50 WIB, menyemburkan debu setinggi lebih kurang 500 meter.

Baca Juga : Diduga Bakar Kantor Bupati, Seorang Oknum PNS Ditangkap

"Erupsi Gunung Sinabung di atas puncak lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut," katanya kepada Antara, Minggu  malam.

Ia menyebutkan erupsi Sinabung ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi lebih kurang dua menit.

Baca Juga : Cabuli Siswi Kelas VI SD, Pria BN Ditangkap Polisi

Saat ini, kata dia, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (*)

Baca Juga : Pedagang Daging Nyambi Jual Sabu di Pasar Raya Padang

Editor : Dodi | Sumber : Antara
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]