Waspada! Gunung Merapi Luncurkan 56 Kali Lava Pijar


Ahad, 17 Januari 2021 - 23:48:51 WIB
Waspada! Gunung Merapi Luncurkan 56 Kali Lava Pijar Pemandangan Gunung Merapi yang sedang meletus mengeluarkan lava pijar terlihat dari Tunggularum, Wonokerto, Turi, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu 7 Januari 2021. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc/pri)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Aktivitas Gunung Merapi meningkat sepanjang Sabtu- Minggu, 16-17 Januari 2021. Di antara peningkatan aktivitas yang mencolok dalam periode pengamatan 12 jam terakhir atau sejak Sabtu pukul 18 WIB hingga Minggu pukul 06 WIB adalah fenomena lava pijar.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta pada Minggu (17/1/2021), mencatat selama periode pengamatan itu sudah terjadi 56 kali guguran lava pijar. "Jarak luncur maksimum lava pijar 1,0-1,5 kilometer dengan arah barat daya," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, seperti dilansir dari tempo.co.

Baca Juga : Beraksi di Pasar, Dua Induak-induak Diciduk Polisi Karena Curi Handphone

Kepala Seksi Gunung Merapi BPPTKG, Agus Budi Santoso, menerangkan fase erupsi Gunung Merapi saat ini tercatat kecenderungan tipe erupsi efusif atau leleran yang dominan yakni 40 persen. Sedang potensi erupsi eksplosif dan kubah dalam menurun signifikan.

BPPTKG mencatat di tengah turunnya probabilitas eksplosif, pertumbuhan kubah lava saat ini masih rata-rata 8000 meter kubik per hari dengan volume terpantau 47 ribu meter kubik. Dari volume saat ini belum bisa diukur sepenuhnya seberapa jauh lagi potensi luncuran awan panas ke depan. "Saat ini masih ditetapkan radius maksimum awan panas jika eksplosif sejauh 3 kilometer," ujarnya. (*)

Baca Juga : Warga Gempar, Ada Mayat Membusuk di Bawah Jembatan

Editor : Dodi | Sumber : Tempo.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]