Bantu Korban Banjir Lengayang, Anggota DPR RI Ini Minta Pemda Rehabilitasi DAS


Senin, 18 Januari 2021 - 00:16:52 WIB
Bantu Korban Banjir Lengayang, Anggota DPR RI Ini Minta Pemda Rehabilitasi DAS Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Sumatera Barat Darul Siska saat menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak bencana banjir di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI Darul Siska mengunjungi korban bencana banjir di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Sebagai wujud kepedulian, dia menyerahkan bantuan sebanyak 400 paket terhadap warga yang terdampak. Bencana banjir yang melanda empat nagari yang paling parah di Kecamatan Lengayang akibat luapan Sungai Batang Kambang seminggu yang lalu. 

Keempat kenagarian itu meliputi Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara , Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat. Dalam kunjungan pada akhir pekan, 16 Januari 2021, anggota Komisi IX DPR asal Sumbar itu, menyempatkan berbincang dengan warga, wali nagari, camat setempat terkait bencana tersebut.

Baca Juga : Pembayaran Ganti Rugi Terdampak Jalan Tol Padang-Pekanbaru Ditargetkan Selesai Juni 2021

Sebelumnya, pada Jumat (8/1/2021) dinihar, telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Lengayang  yang mengakibatkan 2.470 unit rumah terendam, merusak tiga unit rumah  dan satu jembatan roboh dan menggenangi ratusan hektar sawah dan  kawasan pertanian milik masyarakat. Dalam kunjungan Darul Siska didampingi oleh Zafri Dezon Anggota DPRD Sumbar asal Pesisir Selatan, Camat Lengayang Zoni Eldo, Danramil dan wakil Kapolsek.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini berkesempatan meninjau langsung kawasan pemukiman yang terendam banjir di Nagari Kambang, Nagari Kambang Utara, Nagari Kambang Timur dan Nagari Kambang Barat serta  Sungai Batang Kambang yang rusak dan juga  menjadi penyebab terjadinya banjir. Pada kesempatan itu Darul menyampaikan keprihatinannya terhadap musibah yang dialami masyarakat di Kecamatan Lengayang.

Baca Juga : Angka Kemiskinan di Sumbar Naik, DPRD Sarankan Begini

Ia mengingatkan agar masyarakat selalu waspada dengan banjir susulan akibat curah hujan di daerah ini masih tinggi. Kedepan, beliau mendorong  pemerintah daerah memberikan perhatian serius untuk melakukan rehabilitasi  daerah aliran  Sungai Batang Kambang karena banjir akibat meluapnya sungai ini sudah sering terjadi.

"Saya minta Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan harus segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah propinsi dan kementerian terkait, agar pengelolaan sungai dari hulu sampai ke hilir bisa dilakukan secara baik dan terencana, untuk melindungi  masyarakat di daerah ini agar terhindar dari musibah banjir musiman akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini,"imbaunya.

Baca Juga : Soal Pemberhentian Jalan Tol Padang-Pekanbaru, Begini Tanggapan LKAAM Sumbar

Sementara itu Camat Lengayang Zoni Eldo yang didampingi Awaluddin Walinagari Kambang Barat, Irmawardi Walinagari Kambang, Yenita Herda Walinagari Kambang Timur, dan Ulsabri Walinagari Kambang Utara menyampaikan terima kasih yang mendalam atas perhatian dan bantuan yang diberikan H. Darul Siska kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Lengayang. 

"Kami atas nama pemerintahan terdepan dan masyarakat kecamatan Lengayang menyampaikan apresiasi dan penghargaan, sebagai wakil rakyat Sumatera Barat di DPR RI beliau datang memberi perhatian kepada masyakat dan dengan semangat yang tinggi beliau hadir menemui warga  langsung membagikan bantuan secara simbolis di setiap nagari,"katanya.

Baca Juga : Pekan Ini, Dokumen Lelang Proyek DAK Pariaman Rp15 Miliar Masuk UKPBJ

Sedangkan bantuan 400 paket sembako ini membantu masyarakat dan pemerintahan kecamatan dalam penanganan dampak banjir, dan akan langsung didistribusikan oleh wali nagari kepada masyarakat di daerah masing-masing. Pada kesempatan tersebut, lulusan STPDN ini melaporkan bahwa banjir akibat meluapnya Sungai Batang Kambang ini sudah sering terjadi dan selalu menimbulkan kerugian yang besar bagi masyarakat Lengayang.

Karena itu perlu dukungan semua pihak seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah dan juga masyarakat untuk rehabilitasi aliran sungai ini. "Kami berharap bapak Darul Siska ikut membantu memediasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat agar keinginan  kami dan warga untuk rehabilitasi sungai ini bisa terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama," tutupnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]