MK Terima Tujuh Gugatan Sengketa Pilkada Sumbar


Senin, 18 Januari 2021 - 18:10:52 WIB
MK Terima Tujuh Gugatan Sengketa Pilkada Sumbar Komisioner KPU Sumbar, Amnasmen

PADANG, HARIANHALUAN.COM-- Sebanyak tujuh gugatan sengketa Pilkada 2020 Sumatera Barat diterima Mahkamah Konstitusi (MK) RI. Diterimanya ketujuh gugatan, Komisi Pilihan Umum (KPU) menunggu jadwal persidangan.

Infromasi itu dibenarkan Komisioner KPU Sumbar, Amnasmen. Diakuinya, dari tujuh sengketa, lima gugatan pasangan calon (paslon) di KPU kabupaten dan kota dan dua gugatan paslon gubernur dan wakil gubernur.

Baca Juga : Diduga Langgar Kode Etik Pemilu 2020, KPU dan Bawaslu Sijunjung Disidang DKPP 

"Kami menunggu jadwal sidang dari MK. Berdasarkan jadwal, sidang dimulai pada tanggal 26 Januari 2021 dengan agenda pemeriksaan perlengkapan materi dari pemohon," katanya.

Kemudian ketujuh gugatan itu, kata dia, sudah tercatat di Buku Register Perkara Konstitusi (BRP) MK RI. Namun KPU di kabupaten dan kota yang tidak berperkara juga menunggu arahan dari MK.

Baca Juga : Tindak Pidana Pilkada, Kadis PMD dan Lima Kades Masuk Penjara

"Dalam persidangan, kami juga menunjuk kuasa hukum dan akan berkoordinasi dengan KPU yang ada di daerah. Artinya kami juga sudah siap menghadapi sidang di MK" katanya.

Sementara untuk KPU bebas dari perkara, sambung Amnasmen, juga belum ada arahan dan masih menunggu dari MK apakah boleh menetapkan paslon sebagai pemenang.

Baca Juga : Sidang Pembuktian Gugatan Pilgub Kabupaten Solok Selesai, Diputuskan pada Maret

"Tapi MK hingga tanggal 20 akan menyampaikan hal itu," imbuhnya.

Sementara diketahui, ketujuh gugatan paslon kepala daerah di Sumbar yang diterima yakni, dua gugatan sengketa di Pilgub Sumbar dan lima sengketa yang ada di KPU kabupaten dan kota.

Baca Juga : Pelantikan Kepala Daerah, Segeralah Tunaikan Janji-janji Politik!

Gugatan Pilgub yakni paslon Nasrul Abit-Indra Catri dan Mulyadi-Ali Mukhni. Sedangkan di kabupaten dan kota yakni paslon bupati dan wakil bupati yakni gugatan dari Hendrajoni-Hamdanus di Pesisir Selatan, Hendri Susanto-Indra Gunalan di Sijunjung, Tri Suryadi-Taslim di Padang Pariaman, Nofi Candra-Yulfadri Nurdin di Kabupaten Solok, dan Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo di Limapuluh Kota. (*)

Reporter : Buliza Rahmat | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]