Link Hoaks Beredar, Kapan Sebenarnya Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka?


Senin, 18 Januari 2021 - 23:36:33 WIB
Link Hoaks Beredar, Kapan Sebenarnya Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka? ilustrasi kartu prakerja

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah memutuskan untuk program Kartu Prakerja di tahun ini. Masyarakat Indonesia masih menunggu-nunggu, kapan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 dibuka. Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, sampai saat ini PMO Prakerja dengan Komite Cipta Kerja (KCK) masih melakukan finalisasi terkait mekanisme dan teknis pelaksanaannya.

"Begitu sudah ada titik terang, akan segera saya sampaikan," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (18/1/2021).

Baca Juga : Pesan AHY ke Kader: Jangan Sampai Miskin Harga Diri!

Seperti diketahui pemerintah mengalokasikan anggaran Kartu Prakerja tahun 2021 sebesar Rp 10 triliun. Nilai itu lebih kecil daripada anggaran 2020 yang sebesar Rp 20 triliun. Kendati demikian nilai anggaran tersebut bisa berubah karena kebutuhan mendesak untuk peningkatan keahlian dan kapasitas pekerja. Survei BPS pada Agustus 2020 menunjukkan, sebanyak 66,47% peserta Kartu Prakerja berstatus pekerja, sebanyak 22,24% berstatus penganggur dan 11,29% golongan bukan angkatan kerja.

Berdasarkan penelusuran PMO seminggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 program Kartu Prakerja telah dibuka. Salah satunya https://dashboard.prakerja12.xyz yang mengklaim sebagai tempat registrasi program Kartu Prakerja yang menawarkan bantuan biaya sebesar Rp600 ribu yang ditujukan untuk pencari kerja pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Baca Juga : Begini Reaksi Gibran soal Konflik Asmara Kaesang dan Felicia Tissue

"Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujar Louisa.

Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, www.prakerja.go.id. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini. "Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id," terangnya. (*)

Baca Juga : PNS Ogah Pindah Ibu Kota Baru: Cabut Aja!

Editor : Agoes Embun | Sumber : CNBC Indonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 08:11:38 WIB

    Pesan AHY ke Kader: Jangan Sampai Miskin Harga Diri!

    Pesan AHY ke Kader: Jangan Sampai Miskin Harga Diri! Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pesannya kepada seluruh kader di tengah permasalahan yang melibatkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Dalam pesannya, ia menekankan agar pa.
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 07:55:43 WIB

    Begini Reaksi Gibran soal Konflik Asmara Kaesang dan Felicia Tissue

    Begini Reaksi Gibran soal Konflik Asmara Kaesang dan Felicia Tissue Kisah asmara putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep tengah menjadi sorotan publik. Hal tersebut setelah percintaannya dengan Felicia Tissue putus dan kini menggandeng pasangan baru, Nadya Arifta..
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 07:44:13 WIB

    PNS Ogah Pindah Ibu Kota Baru: Cabut Aja!

    PNS Ogah Pindah Ibu Kota Baru: Cabut Aja! Pemerintah masih berencana untuk memindahkan ibu kota negara (IKN) ke Kalimantan Timur. Sejumlah persiapan sudah dilakukan, termasuk dari sisi jumlah PNS/ASN yang akan dipindahkan..
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 07:31:19 WIB

    Nama Cita Citata Terseret Kasus Korupsi Bantuan Sembako Covid-19

    Nama Cita Citata Terseret Kasus Korupsi Bantuan Sembako Covid-19 Nama Cita Citata disebut-sebut dalam sidang kasus korupsi bantuan sosial (bansos) sembako Covid-19 Kemensos dengan terdakwa Harry Van Sidabukke dan Ardian Iskandar Maddanatja..
  • Selasa, 09 Maret 2021 - 02:00:46 WIB

    Wah! 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sampai di Tanah Air

    Wah! 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sampai di Tanah Air Ketibaan vaksin AstraZeneca di Bandar Udara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (08/03/2021) sore. (Sumber: Tangkapan Layar Kanal YouTube Sekretariat Presiden).
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]