Kucing Susah Buang Air Kecil, Bisa Jadi Kena Kencing Batu


Selasa, 19 Januari 2021 - 05:05:10 WIB
Kucing Susah Buang Air Kecil, Bisa Jadi Kena Kencing Batu Ilustrasi kucing

HARIANHALUAN.COM - Penyakit kencing batu tak hanya bisa diidap manusia. Tapi binatang peliharaan Anda, kucing juga bisa terkena penyakit tersebut. Kondisi kucing susah buang air kecil atau penyumbatan saluran kemih adalah gangguan kesehatan yang serius.

Anda perlu mengenali gejala-gejala penyumbatan saluran kemih pada kucing, sehingga dapat segera dilakukan langkah penanganan. Untuk mengetahui penyebabnya, penyumbatan atau obstruksi saluran kemih pada kucing terjadi ketika uretra tersumbat dan urin tidak bisa keluar.

Baca Juga : Dokter Sebut Varian Baru Covid-19 B117 Tidak Lebih Berbahaya, tapi...

Ini dapat disebabkan endapan atau kristal dalam urin dan atau peradangan di saluran kemih. Obstruksi kencing jauh lebih sering terjadi pada kucing jantan daripada pada kucing betina. Ini karena pria memiliki uretra yang lebih panjang dan lebih sempit.

Jika kucing tidak dapat buang air kecil, ginjal tidak dapat menjalankan fungsi esensial untuk menyaring racun keluar dari darah dan mengeluarkannya melalui urin. Kadar racun dalam tubuh meningkat, membuat kucing sangat sakit. Tanpa penanganan medis, kucing yang mengalami gangguan ini bisa mati.

Baca Juga : Ini yang Akan Terjadi Jika Terinfeksi 2 Strain Covid-19 Sekaligus

Kucing dengan obstruksi saluran kemih mungkin atau mungkin juga tidak mengalami infeksi saluran kemih secara bersamaan. Infeksi saluran kemih dapat menjadi penyebab atau akibat dari obstruksi. Tanda obstruksi kemih yang paling jelas adalah ketika kucing berjalan berkali-kali ke kotak pasirnya. Jika Anda melihat ini terjadi, lihat lebih dekat.

Amati kucing Anda di kotak pasir. Apakah dia berusaha untuk buang air kecil, tetapi tidak buang air kecil? Apakah dia buang air kecil hanya menetes kecil atau tidak ada aliran? Perhatikan tanda-tanda kencing di kotak kotoran. Jika kucing Anda pernah ke kotak beberapa kali tetapi pasirnya kering atau tidak ada gumpalan, kemungkinan dia tidak buang air kecil.

Baca Juga : Mulai Sekarang Hindari Pakai Hand Sanitizer di Situasi Ini

Jika Anda melihat kucing Anda mengejan dengan sedikit atau tidak ada urin yang keluar, kemungkinan tersumbat. Beberapa kucing secara genetik cenderung mengalami masalah saluran kencing. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah obstruksi saluran kemih, antara lain sebagai berikut.

  • Bawa kucing Anda ke dokter hewan untuk periksa kesehatan tahunan atau dua kali setahun seperti yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Masalah kecil dapat ditemukan pada pemeriksaan rutin dan ditangani sebelum kucing benar-benar sakit.
  • Hubungi dokter hewan jika ada tanda pertama masalah saluran kemih atau masalah kesehatan lainnya.
  • Beri makan kucing Anda makanan basah (kalengan) yang seimbang karena menjaga hidrasi dan meminimalkan kandungan mineral.
  • Pastikan kucing minum air bersih yang segar setiap saat.
  • Jaga kebersihan dan kesegaran kotak pasir, sehingga kucing tidak akan menahan kencing lebih lama dari seharusnya.
  • Cegah kucing menjadi gemuk.(*)

Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Kompas.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]