Sebanyak 2.345 Nakes di RSUP M Djamil Padang Siap Divaksin


Selasa, 19 Januari 2021 - 11:26:57 WIB
Sebanyak 2.345 Nakes di RSUP M Djamil Padang Siap Divaksin Sebanyak 2.345 Nakes di RSUP M Djamil Padang Siap Divaksin

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemberian vaksin pada tenaga kesehatan di Kota Padang sudah mulai digelar kemarin, Senin (18/1/2021). Para nakes yang telah terdaftar akan mendapatkan dosis Sinovac sebanyak 0,5 ml. Tenaga kesehatan menjadi prioritas pemberina vaksin tahap pertama ini karena akan menjadi garda terdepan menangani pasien Covid-19 lainnya.

Pemberian vaksin juga bisa dilakukan di 72 fasilitas kesehatan yang ada di Kota Padang. Seperti di Puskesmas, klinik-klinik yang telah atau belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, dr Fery Mulyani juga mengatakan tahap awal ini sebanyak 9.128 tenaga kesehatan akan menerima vaksin.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

Di RSUP M Djamil Kota Padang juga telah melakukan vaksinasi pada nakes yang terdiri dari nakes dan staf lainnya. Pejabat Pemberi Informasi dan Dokumentasi RSUP Dr M Djamil Padang, Gustavianof mengatakan sebanyak 2.345 nakes akan disuntik vaksin.

"Di hari pertama sudah kita lakukan pemberian vaksin pada 11 orang nakes kita. Totalnya nakes yang terdaftar 2.345 orang," sebutnya, Senin (19/1/2021).

Baca Juga : BMKG: Hujan Lebat akan Mengguyur Sejumlah Wilayah Sumbar hingga Besok

Gustavianof menerangkan, nakes atau staf yang sudah terdaftar secara sistem sebelum disuntik melakukan registrasi ulang di meja yang telah disediakan. Kemudian dilakukan pengecekan kesehatan dan selanjutnya disuntik. Lalu, setelah selesai disuntik, nantinya akan mendapatkan surat keterangan vaksin.

"Nakes 2 kali disuntik, setelah disuntik 14 hari kemudian disuntik lagi. Karena nakes kita ribuan jadi bertahap dulu," ujarnya.

Baca Juga : Bersiap Gelar Kuliah Tatap Muka, Bupati dan Wabup Tanah Datar Kunjungi IAIN Batusangkar

Pihak RSUP M Djamil Padang juga sudah melakukan sosialisasi serta simulasi kepada nakes mengenai pemberian vaksin. Kemungkinan besar akan memakan waktu beberapa hari untuk melakukan vaksinasi tersebut.

"Meski banyak berita yang beredar, pada prinsipnya nakes kami siap divaksin. Mereka juga mengerti dan tidak mudah terprovokasi. Karena ini tujuannya baik," ujarnya.(*)

Baca Juga : Pistol G2 Combat Sukses Picu Kebanggaan Ketua DPRD Dharmasraya akan Karya Anak Negeri

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]