PMPTSP Tanah Datar Sambangi PT Richal Bersaudara, Klarifikasi Laporan M Yuner Cs


Selasa, 19 Januari 2021 - 15:08:56 WIB
PMPTSP Tanah Datar Sambangi PT Richal Bersaudara, Klarifikasi Laporan M Yuner Cs PMPTSP Tanah Datar Sambangi PT Richal Bersaudara

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu, Satu Pintu (PMPTSP) dan Tenaga Kerja (Naker) Kabupaten Tanah Datar mendatangi PT. Richal Bersaudara untuk klarifikasi tentang laporan dari Law Office Muhammad Yuner dan kawan-kawan tentang Permohonan mediasi kliennya.

Dinas PMPTSP Naker yang diutus diantaranya Yeni Azwita, Kasi Mediator Muda, dan Yolla Yulanda, Kasi Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja.

Baca Juga : Tiga Ruas Jalan Provinsi Jadi Prioritas, Ini Rinciannya

Kunjungan PMPTSP Naker tersebut disambut  pimpinan PT. Richal Bersaudara H. Hirjardi bersama istri serta didampingi Humas PT. Richal Bersaudara Meriyanto.

"Semua yang diklarifikasi Dinas PMPTSP Naker tersebut telah dijelaskan  pimpinan perusahaan Hirjardi. Semua apa yang diperlukan Dinas terkait telah diberikan dengan lengkap," kata Humas PT. Richal Bersaudara, Meriyanto, Selasa (19/1/2021)
Di sisi lain, Kasi Mediator Muda Yeni Azwita, mengatakan, setelah ia melakukan klarasifikasi itu semua telah mendapatkan kesimpulan.

Baca Juga : BMKG: Hujan Lebat akan Mengguyur Sejumlah Wilayah Sumbar hingga Besok

"Semua yang tertuang dalam surat permohonan mediasi yang disampaikan kuasa hukum Rusi Febriani, tidak semuanya benar. Karena tidak adanya bukti autentik yang kami temukan. Semua yang dibutuhkan oleh karyawan semua dibayarkan oleh perusahaan," kata Yeni Azwita. 

Meriyanto juga mengatakan, jika terdapat temuan yang tidak dibayarkan perusahaan, pihaknya siap mengganti setelah dipertimbangkan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri nanti.

Baca Juga : Bersiap Gelar Kuliah Tatap Muka, Bupati dan Wabup Tanah Datar Kunjungi IAIN Batusangkar

"Berdasarkan kronologis singkat oleh klien penasehat hukum M Yuner. Awalnya yang bersangkutan bekerja di CV. Lubuak Batuang, akan tetapi karena pekerja berselisih dengan teman pekerja, maka pekerja tersebut (Rusi) mengundurkan diri. Sebulan kemudian Rusi pun melamar di PT. Richal Bersaudara dan ia diterima bekerja dan ditempatkan di bagian pengeluaran material di gudang perusahaan," katanya.

Setelah enam bulan di bagian tersebut, Rusi diperbantukan pada bidang marketing bersama dengan 4 orang temannya yang lain, lanjut Meriyanto menerangkan.

Baca Juga : Pistol G2 Combat Sukses Picu Kebanggaan Ketua DPRD Dharmasraya akan Karya Anak Negeri

"Kesimpulan perbincangan kami dengan pihak pimpinan PT. Richal Bapak Hirjardi, jika terdapat hak-hak pekerja yang belum dibayarkan sesuai dengan Undang-undang ketenagakerjaan yang didukung dengan bukti autentik, pengusaha bersedia membayar hak tersebut setelah putusan  inkra dari pengadilan," katanya. (*)

Reporter : Feri Maulana | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]