Registrasi Perkara Konstitusi


Selasa, 19 Januari 2021 - 16:43:09 WIB
Registrasi Perkara Konstitusi Jubir Mahyeldi -Audy, Miko Kamal. Ist

Ada yang bersorak riang. Begitu membaca berita di media tentang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar. Seolah-olah Pemohon/Penggugat PHPU sudah menang di Mahkamah Konstitusi (MK). Yang menang dikalahkan MK. Begitu riangnya, link-link berita itu disebar-sebarkannya di banyak group WA.

Oleh: Miko Kamal,Jubir Mahyeldi-Audy

Baca Juga : Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

Yang bersorak riang tentu pendukung dan tim sukses pasangan calon yang kalah pada pilkada 9 Desember lalu. Ada harapan, jas baru yang sudah dibuat akan terpakai juga. Keriangan itu cukup beralasan.

Beberapa media membuat judul berita yang cenderung menyesatkan. Ada yang membuat judul "Gugatan Diterima,...". Ada juga yang berjudul "7 Gugatan Pikada Diterima MK,...". Judul lainnya "MK Terima Gugatan 7 Calon Kepala Daerah di Sumbar". Bahkan ada judul yang lebih fantastis "7 Gugatan Pilkada di Sumbar Dikabulkan MK,...". Judul yang benar ada juga.

Baca Juga : Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

Seperti "Sidang Sengketa PHP Pilkada Sumbar Resmi Teregister di MK". Perkara PHPU Pilkada memang sedang memasuki tahap registrasi. Di Sumbar tercatat 7 PHPU yang diajukan ke MK. Dua diantaranya adalah PHPU pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Pertama, perkara yang diajukan Nasrul Abit - Indra Catri. Terdaftar di bawah nomor 128/PHP.GUB-XIX/2021. Kedua,sengketa yang dimasukkan oleh Mulyadi-Ali Mukhni. Nomor perkara ini adalah 129/PHP.GUB-XIX/2021.

Registrasi perkara merupakan proses biasa. Setiap perkara yang masuk ke MK pasti diregistrasi pada waktu yang sudah ditentukan. Di MK tidak ada jalan menolak perkara sedari awal. Di pengadilan lain juga begitu. Semua diterima dan diberikan nomor registrasi.

Baca Juga : Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !

Apapun dalil dan dalih gugatan atau permohonannya. Dalil gugatan yang mempermasalahkan surat suara digigit tikuspun akan diberikan nomor registrasi oleh MK. Begitu benarlah contoh ekstrimnya.

Nomor registrasi perkara itu ibarat nomor antrean untuk bertemu dokter di klinik atau rumah sakit. Dengan bekal nomor registrasi itu Anda akan tahu kapan giliran anda diperiksa dan diberikan nasihat oleh dokter. (**)

Baca Juga : Menikmati Pantai Padang dari Sudut Lain dengan Paramotor

Editor : Milna Miana | Sumber : Rilis
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 16 Februari 2021 - 20:23:20 WIB

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat

    Kemenangan Mahyeldi-Audy Joinaldy adalah Kemenangan Masyarakat Sumatera Barat Masyarakat Sumatera Barat pantas bersyukur atas telah dilewatinya semua proses Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2020. Baik proses pemilihan maupun proses hukum di Mahkamah Konstitusi..
  • Sabtu, 13 Februari 2021 - 12:16:03 WIB

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19 

    Perekonomian Sumbar di Tengah Pandemi Covid-19  Pandemi Covid-19 yang melanda dunia melumpuhkan berbagai sektor kehidupan manusia. Pandemi tidak hanya terkait sektor kesehatan saja, tetapi perekonomian juga 'babak belur' karena hal tersebut. Oleh karena itu, pemerintah pro.
  • Sabtu, 30 Januari 2021 - 22:23:01 WIB

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik !

    Mengenal Mainan Baru Kaum Kaya, Politik ! PADA suatu masa, seseorang bisa dikatakan kaya jika ia memiliki mainan serupa Cadillac atau Rolls Royce. Kemudian level mainan para kaum the have ini berubah menjadi sebuah private jet seperti Gulfstream ataupun Bombardier..
  • Jumat, 29 Januari 2021 - 19:54:50 WIB

    Menikmati Pantai Padang dari Sudut Lain dengan Paramotor

    Menikmati Pantai Padang dari Sudut Lain dengan Paramotor Ingin merasakan sensasi yang berbeda menikmati indahnya pantai Padang, tak ada salahnya menguji adrenalin dari ketinggian 400 meter dari permukaan laut menggunakan paramotor. Paramotor sejenis dengan paralayang, tapi yang men.
  • Jumat, 29 Januari 2021 - 13:02:06 WIB

    Peran Guru Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini

    Peran Guru Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini Pendidikan karakter adalah upaya sadar yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang (pendidik) untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada peserta didik sebagai pencerahan agar peserta didik mengetahui, berfikir da.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]