Beroperasi Selama 20 Tahun, Pengedar Kosmetik Ilegal Diciduk Polisi


Rabu, 20 Januari 2021 - 02:29:53 WIB
Beroperasi Selama 20 Tahun, Pengedar Kosmetik Ilegal Diciduk Polisi Kosmetik palsu yang berhasil diamankan Bareskrim Polri.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bareskrim Polri menetapkan tersangka R alias I terkait kasus tindak pidana memproduksi dan mengedarkan kosmetik ilegal atau tidak punya izin edar dari BPOM.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Pol. Krisno Halomoan Siregar mengatakan, tersangka R alias I telah mengedarkan kosmetik ilegal tersebut ke klinik kecantikan IVA Skin Care yang beralamat di Jalan Pluit Kencana Raya Penjaringan Jakarta Utara.

Baca Juga : Termasuk Kepulauan Mentawai, Luhut Ungkap Potensi Gempa Megathrust di Pantai Barat Sumatera dan Selatan Jawa

Sementara itu, tempat memproduksi kosmetik itu ada di dua lokasi yaitu di rumah pribadinya yang beralamat di Jalan Bandengan Selt, Penjagalan, Penjaringan Jakarta Utara dan di Pergudangan Sentra Industri Terpadu 1 Blok B Nomor 1 Kamal Muara, Penjaringan Jakarta Utara.

"Tersangka R alias Ibu I ini diamankan pada Kamis 13 Januari 2021 sekitar pukul 18.15 WIB. Dia juga sudah menjalankan usahanya selama 20 tahun dan tidak memiliki keahlian pada bidang farmasi dan melakukan kegiatan produksi kosmetik," tuturnya, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga : Pengacara Sayangkan Pemecatan, Marzuki Alie akan Laporkan 5 Kader Partai Demokrat ke Bareskrim

Selain itu, pihaknya juga menambahkan dari tangan pelaku, penyidik Bareskrim Polri telah menyita puluhan bahan kimia, alat produksi dan kosmetik ilegal siap edar milik tersangka. "Tersangka dijerat Pasal 197 subsidair Pasal 196 UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," ungkapnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]