Berapa Lama Bisa 'Kebal' dari Reinfeksi Usai Sembuh dari COVID-19?


Rabu, 20 Januari 2021 - 09:20:05 WIB
Berapa Lama Bisa 'Kebal' dari Reinfeksi Usai Sembuh dari COVID-19? Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Pasien COVID-19 yang sudah sembuh bisa saja mengalami reinfeksi virus Corona. Terlebih jika kadar antibodi terhadap COVID-19 di dalam tubuh sudah mulai melemah.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan pada Senin (18/1/2021), mengungkap bahwa seseorang yang pernah terkena COVID-19 dapat melawan ancaman reinfeksi virus Corona setidaknya selama 6 bulan setelah dinyatakan sembuh.

Baca Juga : Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19

Disebutkan, hal ini karena sistem kekebalan tubuh, sel B memori, manusia masih bisa mengingat virus Corona selama setengah tahun.

Dikutip dari AFP, para peneliti dari Amerika Serikat (AS) dan Swiss mempelajari puluhan orang yang telah pulih dari COVID-19 dan menemukan bahwa jumlah antibodi mereka dapat berkurang seiring berjalannya waktu.

Baca Juga : Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya

Dijelaskan, kadar antibodi ini dipengaruhi oleh sel B memori dalam mengingat virus. Sel B memori merupakan sel yang bertugas untuk mengingat patogen, sehingga dapat mendorong sistem kekebalan agar memproduksi kembali antibodi untuk melawan virus.

"Respons memori bertanggung jawab untuk perlindungan diri infeksi ulang dan penting untuk vaksinasi yang efektif," tulis peneliti dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal Nature tersebut.

Baca Juga : Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

"Pengamatan kami bahwa respons sel B memori tidak membusuk setelah 6,2 bulan. Individu yang pernah terinfeksi SARS-CoV-2 dapat meningkatkan respons yang cepat dan efektif terhadap virus setelah terpapar ulang," jelasnya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Maret 2021 - 02:36:42 WIB

    Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19

    Begini Cara Ampuh Mencegah Penyebaran Covid-19 Kepolisian Negara Republik Indonesia terus mengampanyekan protokol kesehatan kepada masyarakat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 23:09:45 WIB

    Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya

    Daun Pepaya Disebut Bisa Cegah Penyakit Malaria, Ini Faktanya Daun pepaya banyak diolah dan dikomsumsi menjadi tumisan atau menu olahan lainnya seperti buntil yang lezat. Tumbuh subur di daerah tropis, daun pepaya menyimpan banyak khasiat yang baik untuk tubuh..
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 22:36:47 WIB

    Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan

    Bisa Menguatkan Tulang, Ini 7 Manfaat Selada untuk Kesehatan Selada air adalah sayuran hijau yang memiliki ciri-ciri batang berongga dengan daun lonjong bertangkai. Biasanya selada air dimakan mentah atau dimasak menjadi tumisan. Selada air menyimpan banyak nutrisi yang baik untuk t.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 19:40:01 WIB

    Studi: Konsumsi Bawang Putih dan Jahe Bisa Kurangi Risiko Kanker

    Studi: Konsumsi Bawang Putih dan Jahe Bisa Kurangi Risiko Kanker Risiko kanker ternyata bisa dikurangi dengan mengonsumsi bawang putih dan jahe. Pasalnya, kedua bahan alami tersebut mengandung efek anti-oksidan dan anti-inflamasi. Hal ini terungkap dari sebuah studi yang jurnal diterbitk.
  • Ahad, 28 Februari 2021 - 18:50:24 WIB

    Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi

    Ini Alasan Menkes Lebih Memilih Sinovac Cs untuk Vaksinasi Salah satu ketentuan vaksinasi mandiri atau gotong royong adalah menggunakan jenis vaksin di luar 4 vaksin yang dipakai dalam vaksinasi program. Apa alasan pemerintah memilih 4 vaksin tersebut?..
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]