Mengenal Xenophobia yang Trending di Twitter dan Ikut Menyeret Nama Jisoo Blackpink


Rabu, 20 Januari 2021 - 14:14:52 WIB
Mengenal Xenophobia yang Trending di Twitter dan Ikut Menyeret Nama Jisoo Blackpink Apa Itu Xenophobia yang Ramai Menyeret Nama Jisoo Blackpink?

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hastag #XenophobiaIsNotAJoke sedang ramai jadi pembahasan di laman Twitter. Bahkan, trending itu ikut menyeret member Blackpink, Jisoo dengan hastag #ProtectJISOO. Apakah Xenophobia itu? 

Hastag Xenophobia telah ditulis lebih dari 145 ribu tweet. Sedangkan, hastag Jisoo Blackpink mencapai 148 ribu tweet. Apa sebenarnya Xenophobia yang menyeret nama Jisso Blackpink?

Baca Juga : Corona B117 Masuk ke Indonesia, Pakar UGM: Tak Perlu Khawatir Berlebihan

Seperti dilansir detik.com, dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Xenophobia adalah perasaaan benci (takut, waswas) terhadap orang asing atau sesuatu yang belum dikenal atau kebencian pada yang serba asing.

Kata Xenophobia mulai digunakan ketika orang Yunani dan Romawi Kuno menggunakan keyakinan mereka bahwa budaya mereka lebih unggul dari yang lain. Bahkan, dengan itu mereka membenarkan adanya perbudakan.

Baca Juga : Empat Karyawan Positif Covid-19, Kantor KONI Riau Ditutup Sepekan

Dikutip dari Very Well Mind, contoh sikap Xenophobia adalah tindakan diskriminasi, kekerasan, dan genosida. Hal itu juga yang berkaitan seperti yang pernah terjadi ketika perang dunia 2, hingga genosida di Kamboja.

Contoh terbaru Xenophobia adalah yang terjadi di Amerika, yakni diskriminasi pada orang keturunan Timur Tengah (Islamofobia) dan sikap Xenophobia terhadap imigran Meksiko dan Latin. Bahkan, pandemi COVID-19 juga meningkatkan laporan Xenophobia pada orang-orang keturunan Asia Timur dan Asia Tenggara di seluruh dunia.

Baca Juga : 4 Maret Hari Obesitas Sedunia, 1 dari 3 Orang Indonesia Mengalami Obesitas

Sementara itu, kasus Xenophobia yang menyeret Jisoo Blackpink adalah ulah sebagian orang yang menyerang Jisoo karena tak lancar berbahasa Inggris, seperti member lainnya, Lisa, Jennie, dan Rose.

Para fans Jisoo Blackpink pun mempertanyakan sikap Xenophobia orang-orang tersebut.

Baca Juga : Gejala Awal Penyakit Ginjal pada Anak-anak, Tubuh Sering Sembab

"Mengapa Anda mengolok-olok aksennya atau kemampuan bahasa Inggrisnya secara umum? Saya ingin melihat kalian mencoba belajar lebih dari dua bahasa tanpa kesulitan apapun sebelum mengkritik orang lain Wajah dengan alis terangkat #ProtectJISOO #XenophobiaIsNotAJoke," tulis akun so0***.

"Jisoo (지수) adalah Idol KOREA SELATAN yang merupakan bagian dari girlgroup KOREA SELATAN Blackpink. Dia tidak berkewajiban untuk berbicara bahasa Inggris. #XenophobiaIsNotAJoke #ProtectJISOO," tulis akun jisisapu***.

Sudah paham kan, apa itu Xenophobia?

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]