Tahun Ini, Dinas Pertanian Padang Pariaman Punya Program Peremajaan Kelapa


Rabu, 20 Januari 2021 - 16:06:46 WIB
Tahun Ini, Dinas Pertanian Padang Pariaman Punya Program Peremajaan Kelapa Kabid Perkebunan, Taufik Hidayat

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman tahun ini punya program peremajaan kelapa di daerah setempat.

Kepala dinas melalui Kepala bidang Perkebunan, Taufik Hidayat mejawab harianhaluan.com, Rabu (20/1-2021), ada 5.000 bibit kelapa yang akan diserahkan kepada kelompok tani.

Baca Juga : BMKG: Hujan Lebat akan Mengguyur Sejumlah Wilayah Sumbar hingga Besok

Soal penyerahanya, pihaknya masih dalam melakukan persiapan. Kegiatan serupa tahun lalu 2020, juga dilaksanakan, jumlahnya bibitnya lebih banyak dari yang sekarang, yaitu 9.000 batang dan dibagi melalui kolompok tani.

Kondisi tanaman ini memang perlu peremajaan, karena untuk peningkatan PRB Padang Pariaman dan 70 persen masyarakat punya kebun kelapa. Luas kebun kelapa di daerah ini, ada 40 ribu hektar dan merupakan terluas di Sumbar.

Baca Juga : Bersiap Gelar Kuliah Tatap Muka, Bupati dan Wabup Tanah Datar Kunjungi IAIN Batusangkar

Padang Pariaman sudah punya sumber benih kelapa yang bersertifikat dan dari sini benih - benih itu diambil. Sampai saat ini produksi kelapa di Kabupaten Padang Pariaman masih cukup tinggi sebut Taufik Hidayat.

"Namun tentu kita berharap tetaplah jaga kelestariannya, karena tanaman berumur tua ini cukup produktif dalam menopang perekonomian masyarakat," katanya.(*)

Baca Juga : Pistol G2 Combat Sukses Picu Kebanggaan Ketua DPRD Dharmasraya akan Karya Anak Negeri

Reporter : Trisnaldi | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]