Bupati Dharmasraya Dorong Petani Budidayakan Komoditas Pertanian Bernilai Tinggi


Rabu, 20 Januari 2021 - 17:29:13 WIB
Bupati Dharmasraya Dorong Petani Budidayakan Komoditas Pertanian Bernilai Tinggi Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, saat menghadiri kegiatan tanam perdana komoditas tanaman Porang  yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Bina Swadaya Nagari Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh, Rabu (20/01/2021)

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan SE, mendorong petani di daerah itu membudidayakan tanaman komoditas pertanian dan perkebunan bernilai ekonomi tinggi serta memiliki segmentasi pasar yang luas. 

Hal itu ia tegaskan dalam sambutannya pada tanam perdana secara simbolis komoditas tanaman Porang  yang dibudidayakan oleh Kelompok Tani Bina Swadaya Nagari Padang Laweh, Kecamatan Padang Laweh, Rabu (20/01/2021). 

Baca Juga : Kunjungi Sekolah, Genius Umar Kenang Masa SMPnya

"Salah satunya seperti tanaman porang yang sangat berpotensi dikembangkan di Dharmasraya, tanaman sejenis umbi-umbian yang kaya manfaat dan banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, serta untuk pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir kerap diekspor ke negara Jepang, " ungkapnya. 

Harga porang saat ini, lanjutnya, untuk yang basah bisa mencapai Rp 10 ribu hingga Rp 13 ribu perkilogram. Sedangkan yang keringnya bisa mencapai Rp 55 ribu sampai Rp 65 ribu perkilogram sehingga cukup menjanjikan prospek yang baik dalam meningkatkan kesejahteraan petani di daerah itu. 

Baca Juga : Los Pasar Balai Naras Pariaman Sudah Ditempati Pedagang

Ia berharap, dengan dikembangkannya tanaman tersebut serta jenis lainnya yang memiliki potensi serupa, nantinya dapat memberi nilai tambah secara ekonomis sekaligus dapat dijadikan salah satu upaya diversifikasi pertanian agar petani mendapatkan manfaat maksimal dari lahan yang mereka garap.

Karena, lanjutnya, mewujudkan ekonomi yang tangguh untuk kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan pertanian berbasis kawasan dan komoditi unggul, memang menjadi salah satu agenda pembangunan Kabupaten Dharmasraya salah satunya dengan mengembangkan komoditas pertanian yang bernilai ekonomi tinggi. 

Baca Juga : Kunjungi Bonjol, Wabup Sabar AS Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Diperhatikan

"Manfaatkan potensi yang ada dan harus ada yang berani mencoba, itu kunci utamanya," tegas Sutan Riska.

Pada kesempatan itu ia meminta pihak Dinas Pertanian dan pihak terkait lainnya agar selalu memberikan pendampingan agar setiap upaya pembudidayaan suatu tanaman oleh petani bisa terjaga baik dalam hal fasilitas sarana prasarana pendukungnya. 

Baca Juga : Hujan Tidak Merata, Hotspot Masih Terpantau di Sumbar

"Saya harap, budidaya porang di Padang Laweh ini bisa menjadi percontohan nantinya," tutup Sutan Riska. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]