Pariaman Terapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial


Rabu, 20 Januari 2021 - 17:56:12 WIB
Pariaman Terapkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Kepala Bagian Arsip dan Perpustakaan Pariaman, Nenmarni.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Perpustakaan berbasis inklusi sosial akan dimulai dari perpustakaan desa dan kelurahan di Kota Pariaman.

"Program ini merupakan pengembangan dari program yang sudah ada," kata Kepala bagian Kearsipan dan Perpustakaan Pariaman, Nenmarni kepada harianhaluan.com, Rabu (20/1-2020).

Baca Juga : Kunjungi Sekolah, Genius Umar Kenang Masa SMPnya

Perpustakaan berbasis inklusi sosial artinya disini, perpustakaan hadir untuk memfasilitasi pengetahuan dan keterampilan. Melalui bahan bacaan dan didampingi mentor, di pustaka maka pengetahuan yang didapatkan akan lebih terterapkan.

Contoh dalam bentuk kuliner, pengunjung pustaka membaca buku yang berkaitan dengan kuliner, ada mentor, tanya jawab dapat berlangsung akhirnya teraplikasi, muaranya dapat menambah geliat perekonomian.

Baca Juga : Los Pasar Balai Naras Pariaman Sudah Ditempati Pedagang

"Melalui kegiatan pustaka desa dengan program tersebut, potensi yang ada di desa dapat terangkat secara maksimal," kata Nenmarni.

Dan pihak perpustakaan dan arsip, dapat bekerjasama dengan OPD lain sebagai pendukung cairnya atau terurainya program tersebut. Misal kegiatan pustaka desa terkait kuliner untuk usaha maka pihak perpustakaan dan arsip bisa kerjsama pelatihanya dengan Perindagkop dan UKM.

Baca Juga : Kunjungi Bonjol, Wabup Sabar AS Minta Pelaku Ekonomi Kreatif Diperhatikan

Di Kota Pariaman tiap desa/kelurahan sudah ada perpustakaan, tinggal lagi sekarang memaksimalkanya, termasuk dengan program yang akan dilaksanakan ini, kata Nenmarni. (*).
 

Reporter : Trisnaldi | Editor : Rahma Nurjana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]