Kali Pertama Buka, Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional PNP Terima 1 Kelas Maba


Rabu, 20 Januari 2021 - 19:14:43 WIB
Kali Pertama Buka, Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional PNP Terima 1 Kelas Maba Direktur PNP Surfa Yondri.Dok SumbarFokus

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) semakin mantap melangkah dengan menerima mahasiswa baru (maba) dari Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional pada tahun ini. Untuk pertama kalinya, prodi ini menerima 1 (satu) mahasiswa baru sebanyak 1 kelas dengan jumlah 30 orang.

"Pada tahun akademik 2020/2021, Prodi ini mulai menerima mahasiswa baru sebanyak I kelas (30 mahasiswa)," kata Direktur PNP, Surfa Yondri dalam undangan Launching Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional,dilansir dari Harianhaluan.com, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

Prodi Baru PNP

Baru-baru ini, Surfa Yondri mengabarkan bahwa PNP kembali membuka Program Studi (Prodi) baru, yakni Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Komunikasi Bisnis dan Profesional.Prodi baru ini ditandai dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Nomor 1069/M/2020 terkait izin pembukaan Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris, Komunikasi Bisnis dan Profesional di PNP.

Hal itu disampaikan Direktur PNP, Surfa Yondri melalui laman Facebooknya, dilansir Harianhaluan.com, Sabtu (16/1/2021).

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

"Alhamdulillah, satu lagi prodi baru persembahan PNP. Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, jurusan Bahasa Inggris di Politeknik Negeri Padang. SK Mendikbud RI No.1069/M/2020," begitu tulis Surfa Yondri.

Perjuangan pembukaan prodi cukup singkat, hanya butuh setahun menunggu, akhirnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 1069/M/2020 tentang Izin Pembukaan Program Studi Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional Program Sarjana Terapan pada Politeknik Negeri Padang (PNP) tertanggal 8 Desember 2020.

Baca Juga : Nadiem Siapkan Rp 2,6 Triliun untuk Kuota Internet Tahun Ini

"Mungkin Kementerian tahun ini lebih memprioritaskan pembukaan S-2 Terapan sehingga izin Program Magister (S2) Terapan Sistem Informasi Akuntansi lebih keluar duluan meskipun pengajuan Jurusan Bahasa Inggris sejak September 2019," jelas Ketua Jurusan Bahasa Inggris, Dr. Martini, M.Pd, dilansir dari website PNP, Kamis (17/12/2020).

Izin tersebut dikeluarkan Kemendikbud berdasarkan pertimbangan terhadap Surat permohonan Direktur Politeknik Negeri Padang Nomor 134/PNP/12/2019 tanggal 19 Desember 2019 dan surat Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X Nomor 400/L10/KL.00.00/2019 tanggal 23 Desember 2019. 

Baca Juga : Kasihan! Pelajar di Dusun Batu Bosa Hanya Gunakan Penerangan Lampu Togok

Dari segi nomenklatur, ketersediaan dosen, dan kurikulum sudah ready, lagi pula program yang sama sudah lebih dulu diselenggarakan oleh UGM dan Politeknik Negeri Malang (Polinema).

"Untuk kelas perdana ini, kita cukup buka 1 kelas saja, apalagi tahun ini juga perdana kita buka Program Studi Broadcast 3 kelas, biasanya cuma 2 kelas," jelas Martini. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]