Melambung Tinggi, Segini Harga Daging Sapi dan Ayam di Batam


Rabu, 20 Januari 2021 - 21:47:53 WIB
Melambung Tinggi, Segini Harga Daging Sapi dan Ayam di Batam Pedagang daging sapi dan ayam di Pasar Batuaji, Batam, sepi pembeli. (dedi/haluankepri.com)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Kalangan ibu rumah tangga di Kota Batam, Kepri terpekik oleh melambung tingginya harga daging sapi lokal dan ayam potong.

Diduga  naiknya harga daging sapi tersebut  sebagai imbas dari mogoknya para pedagang daging sapi di wilayah Jabodetabek.

Baca Juga : Indra Helmi Pimpin SMSI Kota Batam

Pantauan Haluankepri.com  di pasar tradisional di Batam seperti di pasar Fanindo, Batuaji, dan SP Sagulung, Rabu (20/1/2021),  rata-rata harga daging sapi memang mengalami kenaikan. Begitu juga harga ayam potong.

Harga daging sapi lokal yang dijual oleh pedagang di pasar tradisional khususnya di wilayah Batuaji dan Sagulung mencapai Rp150 ribu per kilogramnya. Harga itu mengalami kenaikan sebesar Rp 30 ribu dari sebelumnya yakni Rp120 ribu per kilogramnya.

Baca Juga : Dibangun dengan Dana Rp60 Miliar, Dermaga II Telaga Punggur Diresmikan Menhub

Kondisi ini dipicu lantaran para pedagang sulit mendapat pasokan dari pemasok daging sapi yang ada di kota Batam.

“Naik harganya, Pak. Biasanya daging sapi lokal harganya Rp120 ribu, kini sudah tembus Rp150 ribu per kilogramnya,” ujar Halim, salah seorang pedagang daging sapi dan ayam di pasar tradisional Fanindo Batuaji, Rabu (20/01/21) siang.

Baca Juga : Resmi Dilantik, Ansar-Marlin Percepat Pemulihan Ekonomi Kepri

Dia mengakui saat ini hanya daging sapi impor yang dijual oleh para pedagang, karena harganya masih normal dan terjangkau oleh masyarakat.

“Harga daging sapi impor masih stabil diangka Rp80-85 ribu per kilogramnya. Konsumen juga kebanyakan membeli daging sapi impor ketimbang yang lokal,” ungkapnya.

Baca Juga : Besok, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina Dilantik Jadi Gubernur dan Wagub Kepri

Selain harga daging sapi, harga ayam juga mengalami kenaikan sepekan belakangan ini. Biasanya ayam dijual berkisar Rp30-32 ribu per kilogramnya kini mencapai Rp40-45 ribu per kilogramnya.

“Kalo ayam ini dari Barelang. Kondisi ini sudah terjadi seminggu belakangan,” ujar Rinto, pedagang lainnya.

Naiknya harga ayam, menurut pedagang disebabkan karena harga pakan (makanan-red) ayam mengalami kenaikan. Apalagi stok ayam juga mulai sedikit di peternakan. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.co
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]