Dilantik, Biden Janji Basmi Supremasi Kulit Putih


Kamis, 21 Januari 2021 - 06:38:38 WIB
Dilantik, Biden Janji Basmi Supremasi Kulit Putih Joe Biden

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat Joe Biden berjanji untuk mengalahkan ekstremisme politik dan teror domestik yang ditimbulkan dari supremasi kulit putih.

Hal itu ia sampaikan dalam pidato perdananya sebagai presiden usai resmi dilantik di Gedung Kongres Capitol Hill, Washington DC, pada Rabu (20/1) siang waktu setempat.

Baca Juga : Miliuner Jepang Ini Cari 8 Orang Teman Traveling ke Bulan, Siapa Berminat?

Dia mengatakan AS menghadapi "kebangkitan ekstremisme politik, supremasi kulit putih, terorisme domestik" yang harus dihadapi dan dikalahkan.

Lebih lanjut, ia menyebut hari upacara pelantikannya sebagai hari demokrasi bagi AS.

Baca Juga : Awas! Ribuan Vaksin Palsu Corona Jaringan China Afsel Beredar

"Ini adalah hari demokrasi, hari sejarah dan harapan, pembaruan dan penyelesaian," kata Biden. "Amerika telah diuji lagi, dan Amerika telah bangkit untuk menjawab tantangan tersebut," ucapnya, dilansir cnnindonesia.com.

Dia juga menambahkan bahwa "keinginan rakyat telah didengar".

Baca Juga : Pertama di Dunia! Australia Berhasil Bikin Disinfektan Bunuh Covid-19 dalam 90 Detik

"Hari ini kami merayakan kemenangan, bukan untuk seorang kandidat, tapi untuk sebuah tujuan, tujuan demokrasi. Keinginan rakyat telah didengar, dan keinginan rakyat telah diperhatikan. Kami telah belajar lagi bahwa demokrasi itu berharga. Demokrasi itu rapuh. Dna pada jam ini, kawan-kawan, demokrasi telah menang," kata Biden.

Biden beserta Wakilnya Kamala Harris resmi dilantik sebagai presiden dan wakil presiden AS pada Rabu (20/1) siang di Washington DC. Dengan demikian, Biden resmi menjabat sebagai presiden AS ke-46.

Baca Juga : Perhatian! Saudi akan Wajibkan Jemaah Haji Vaksinasi Covid-19

Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung John Roberts, sementara Harris disumpah oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : cnnindonesia
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]