Akhirnya Terungkap, Alasan di Balik Vaksin China Jadi Prioritas RI


Kamis, 21 Januari 2021 - 07:15:17 WIB
Akhirnya Terungkap, Alasan di Balik Vaksin China Jadi Prioritas RI Erick Thohir

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Vaksin virus Corona (COVID-19) dari Sinovac, China menjadi yang pertama digunakan untuk program vaksinasi di Indonesia. Sementara, banyak vaksin buatan negara lain.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pun buka-bukaan alasan mendahulukan pengadaan vaksin produksi Negeri Tirai Bambu ketimbang buatan negara lain. Selain China, pemerintah juga mendekati Uni Emirat Arab (UEA).

Baca Juga : Kapolri Lantik 19 Perwira Tinggi, Sederet Tugas Menunggu

"Nah kenapa juga 2 negara tujuan saat itu yaitu UEA dan China karena memang sejak awal ketika kita mengontak para pembuat vaksin dari negara Eropa dan Amerika responnya sangat rendah," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, kemarin Rabu (20/1/2021), dilansir detik.com.

Dia menjelaskan negara-negara lain yang memproduksi Vaksin virus Corona memberi respons yang kurang bagus. Ketika Indonesia mulai mencari vaksin untuk kebutuhan dalam negeri, hanya China dan UEA yang responsif.

Baca Juga : Polisi Hentikan Penyidikan Kasus Enam Laskar FPI

"Itu ada bukti black and white yang kita bisa paparkan. Karena itu kita melihat hubungan dagang kita dengan China dan UEA cukup bagus," sebut Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) itu.(*)
 

Editor : Nova Anggraini | Sumber : detik.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]