Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi


Kamis, 21 Januari 2021 - 08:44:00 WIB
Pemkab Pessel Wajibkan Aktivitas Galian C Kantongi Izin Operasi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat yang melakukan usaha penambangan galian C pada beberapa titik lokasi yang dinilai rawan.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat yang melakukan usaha penambangan galian C pada beberapa titik lokasi yang dinilai rawan. Agar usaha yang juga bisa mendatangkan ekonomi pada masyarakat itu tidak menimbulkan dampak kerusakan terhadap lingkungan.

Sehingga Pemkab Pessel menegaskan kepada pengusaha galian C untuk melakukan pengurusan izin. Ketegasan itu disampaikan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pessel, Dailipal. 

Baca Juga : Wujudkan Pendidikan Berlalu Lintas, Polda Sumbar MoU dengan Disdik

Ia mengatakan, melalui petugas dan juga tim dari Dinas Perizinan, dan Dinas Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) setempat terus melakukan pemantauan dan peninjauan lapangan terhadap beberapa usaha galian C milik warga di semua kecamatan di daerah itu.

"Untuk mengantisipasi agar usaha penambangan galian C ilegal tidak terjadi pada titik-titik yang dinilai dapat membahayakan terhadap lingkungan, sehingga kami dan perangkat daerah terkait, turun langsung ke lapangan," ujarnya, dikutip Kamis (21/1/2021).

Baca Juga : BMKG Prediksi Gelombang Tinggi Hingga 3 Meter di Perairan Sumbar Sampai Besok

Melalui peninjauan langsung itu Dailipal menyebutkan pihaknya juga dapat melakukan sosialisasi kepada pemilik usaha galian C. Bagi pengusaha yang tidak memiliki izin dan berada pada titik-titik yang rawan petugas langsung melakukan penutupan. 

"Tapi tidak pula tertutup kemungkinan bagi yang membandel akan ditindaklanjuti sampai ke proses hukum," tegasnya.

Baca Juga : Sempat Terhenti, Pembangunan Monumen Bela Negara Segera Dilanjutkan

Lebih jauh dijelaskan bahwa di daerah itu hampir di semua kecamatan ditemui warga yang melakukan usaha penambangan galian C. Pada beberapa titik yang dilarang, petugas langsung melakukan teguran dan dilanjutkan dengan penutupan. Ketegasan ini harus dilakukan agar usaha yang mendatangkan ekonomi bagi mereka itu, tidak mendatangkan bencana bagi orang lain. 

"Agar usaha ini bisa ditata, maka kepada pengusaha galian C ditegaskan untuk mengurus izin," tutupnya. (*)
 

Baca Juga : Mahfud MD Ingin Pembangunan Monumen Bela Negara di Sumbar Cepat Selesai

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]