Perguruan Thawalib Padang Panjang Adakan Bimbingan Studi Timur Tengah


Kamis, 21 Januari 2021 - 09:20:09 WIB
Perguruan Thawalib Padang Panjang Adakan Bimbingan Studi Timur Tengah Santri Perguruan Thawalib Padang Panjang tengah ikut bimbingan studi Timur Tengah.

PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM - Perguruan Thawalib Padang Panjang menyelenggarakan bimbingan Studi  untuk masuk ke perguruan tinggi di Timur Tengah bagi santri kelas 3 Kuliyatul Ulum El-Islamiyah (KUI) setingkat Aliyah/SMA. Diharapkan kegiatan tersebut memotivasi bagi para santri untuk melanjutkan perkuliahan di beragai perguruan tinggi di Timur Tengah.

Kegiatan bimbingan studi untuk masuk ke perguruan tinggi di Timur Tengah itu adalah kerjasama Perguruan Thawalib Padang Panjang dengan lembaga Ruwaq.ID, Jakarta yang khususnya membuat program bimbingan studi untuk ke perguruan tinggi Timur Tengah.

Baca Juga : Kasihan! Pelajar di Dusun Batu Bosa Hanya Gunakan Penerangan Lampu Togok

Pelaksanaan kegiatan bimbingan studi tersebut telah dimulai pada Rabu malam (20/1/2021) bagi para santri kelas 3 KUI baik santri putra maupun para santri putri Perguruan Thawalib. "Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan bimbingan studi untuk masuk perguruan tinggi Timur Tengah sudah dilaksanakan," kata Pimpinan Perguruan Thawalib Padang Panjang Buya Dr Zulkarnaini, M.Ag.

Dijelaskan Buya Zulkarnaini, salah satu program yang dilaksanakan Yayasan Thawalib saat ini adalah bagaimana mendorong para lulusan Perguruan Thawalib, baik santri putra maupun santri putri melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah seperti di Mesir, Saudi Arabia, Sudan, Maroko dan negara lainnya. 

Baca Juga : Kemendikbud Keluarkan Pedoman untuk Perkuliahan Semester Genap

Sebab, target yang ingin dicapai bagi kelulusan santri selain hafal al-Quran, mampu membaca kitab juga mampu berbahasa Arab atau Inggris dan siap bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi di dalam dan luar negeri. "Ini target kelulusan yang telah ditetapkan Yayasan Thawalib bagi santri Thawalib," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, maka Yayasan Thawalib mengandeng lembaga Ruwaq.ID, Jakarta yang memiliki pengalaman untuk bimbingan studi masuk ke perguruan tinggi di Timur Tengah. "Pada bulan Oktober 2020 lalu, sudah ditanda-tangani MoU antara Perguruan Thawalib dengan lembaga Ruwaq.ID," kata uya Zulkarnaini.

Baca Juga : Menuju Transformasi Akreditasi Nasional, UIN Sunan Kalijaga Rangkul IAIN Batusangkar

Setelah MoU, maka berbagai persiapan untuk pelaksanaan kegiatan bimbingan studi tersebut dilakukan mulai dari sosialisasi kepada seluruh santri, sosialisasi kepada majelis guru sampai melakukan seleksi bagi guru Thawalib yang akan menjadi tenaga tutor untuk bimbingan tersebut. "Tahap awal, pihak Ruwaq.ID melakukan seleksi kepada seluruh guru Thawalib untuk dipilih menjadi tutor dengan menggunakan metode bimbingan studi yang telah diterapkan di Ruwaq.ID," ujar Zulkarnaini.

Biaya Yayasan Thawalib

Rabu malam (20/1/2021) kegiatan bimbingan studi telah dimulai yakni diikuti oleh 18 anak santri KUI putra dan 20 anak santriwati KUI Putri dengan dibagi kepada tiga kelompok. Pelaksanaan kegiatan dilakukan di kampus Thawalib Putra di Jalan Abd Hamid Hakim Pasar Usang Padang Panjang, dan di kampus Thawalib Putri di Jl Agus Salim, Kel Guguk Melintang, Padang Panjang.

Baca Juga : Dosbing Politeknik ATI Padang Bisa Pantau Mahasiswa Selama Laksanakan KKP di Industri

Koordinator Bimbingan Studi untuk masuk perguruan tinggi Timur Tengah, ustad Ajisman menjelaskan, semua santri yang ikut program bimbingan studi ini dibebaskan biaya alias tidak membayar. "Biaya penyelenggaraan bimbingan studi sepenuhnya ditanggung oleh Yayasan Thawalib, jadi santri yang ikut tidak bayar sama sekali alias gratis," katanya.

Menurut Ajisman, karena kegiatan ini kerjasama dengan Ruwaq.ID, maka seluruh metode pengajaran, buku panduan dan sebagainya disediakan oleh pihak Ruwaq.ID. Sehingga metode bimbingan sepenuhnya yang diterapkan di Ruwaq. ID, Jakarta. 

"Hasil pembicaraan Yayasan Thawalib dengan pihak Ruwaq.ID, biaya kegiatan bimbingan studi untuk para santri saat ini ditanggung sepenuhnya oleh Yayasan Thawalib," jelas Ajisman.

Dengan diadakannya kegiatan bimbingan studi Timur Tengah tersebut, adalah upaya Yayasan Thawalib untuk mengembalikan minat dan keinginan para santri Thawalib melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah. Sebab, sejak dulu banyak alumni Perguruan Thawalib yang kuliah dan tamat dari berbagai Perguruan Tinggi di Timur Tengah seperti Al-Azar Kairo, perguruan tinggi di Sudan, Maroko, Arab Saudi dan negara lainnya.

Adanya kerjasama dengan Ruwaq.ID, diharapkan ke depan lulusan Perguruan Thawalib banyak yang melanjutkan kuliah ke berbagai perguruan tinggi di Timur Tengah.(*)

Editor : Nova Anggraini
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]