Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi


Kamis, 21 Januari 2021 - 14:11:10 WIB
Zigo Rolanda Sebut RS Pratama Solsel Belum Layak Beroperasi Kunjungan Ketua dan anggota Komisi II DPRD Solsel ke RS Pratama.

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solok Selatan (Solsel) Zigo Rolanda bersama Komisi II menilai Rumah Sakit (RS) Pratama Solsel belum layak operasional. Hal ini diungkapkan Zigo ketika melakukan kunjungan kerja ke RS tersebut, Rabu (20/1/2021).

"Masih ada izin yang belum, studi layak fungsi belum ada. Kemudian, listrik belum ada, Central oksigen tidak ada dan Pengolahan limbah belum lengkap. Serta ruang ronsen belum tepat. Kesimpulan, RS Pratama Solsel belum bisa di operasionalkan," kata Zigo.

Baca Juga : Awal Tahun, Baznas Agam Salurkan Zakat Rp1 Miliar untuk Mahasiswa

Pihaknya akan mengagendakan rapat dengar pendapat dengan sejumlah pihak terkait seperti Kepala Dinas Kesehatan, Kontraktor Pelaksana serta Konsultan.

Zigo Rolanda mengatakan pihaknya tidak menginginkan pengoperasian Rumah Sakit tersebut menimbulkan masalah di kemudian hari.

Baca Juga : BKSDA Resort Agam Pantau Lokasi Kemunculan Buaya di Tiku

"Jangan sampai menimbulkan masalah, lengkapi dulu perizinannya dan kekurangan seperti instalasi ipal, ketersediaan listrik, air bersih, toilet, loteng yang bocor," kata Zigo.

Senada, anggota komisi II Albert Arifin juga menyoroti belum adanya instalasi oksigen, peralatan pemadam kebakaran dan ketiadaan AC pendingin ruangan.

Baca Juga : Polres Agam Beri Sanksi 8 Orang Karena Langgar Prokes

"Banyak kebutuhan vital yang belum ada, instalasi peralatan pemadam kebakaran ini sangat penting di setiap ruangan, juga ketersediaan oksigen," katanya.

Sementara, Ketua Komisi II Afrizal Chandra mengatakan kunjungan lapangan tersebut bukan ajang tanya jawab tetapi secara lembaga DPRD melihat secara langsung sebelum rumah sakit tersebut beroperasi.

Baca Juga : Sempat Tertutup Longsor, Ruas Jalan Provinsi di Agam Sudah Bisa Dilalui Kendaraan

"Kami melihat langsung kondisinya, sesegera mungkin kami jadwalkan RDP dengan Kepala Dinas, PPK dan PPTK, Kontraktor serta Konsultan pengawas," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman menyatakan kesiapannya untuk menghadiri RDP tersebut guna menjelaskan kepada DPRD hal-hal yang diperlukan.

"PPTK, Kontraktor serta Konsultan harap persiapan segala sesuatu yang diperlukan saat menghadiri RDP dengan DPRD," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]