Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal


Kamis, 21 Januari 2021 - 14:29:28 WIB
Zigo Rolanda: Izin RS Pratama Solsel Belum Keluar, Tenaga Medis Harus Dikembalikan ke Tempat Asal Kunjungan kerja Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda ke RS Pratama Solsel.

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Solok Selatan ( Solsel ) Zigo Rolanda sebut lantaran pasien belum ada di RS Pratama Solsel sehingga tenaga medis dikembalikan dahulu ketempat asal. Hal ini disampaikan Zigo kepada Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman.

"Berhubung belum ada pasien yang dilayani, sementara di Puskesmas kekurangan tenaga medis. Saya minta kembalikan dulu mereka ke Puskesmas, sampai izin operasional keluar," ucapnya, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga : Pemkab Agam Lelang Puluhan Paket Pekerjaan Senilai Rp73 Miliar

Selain itu, penerimaan pegawai juga tidak boleh sembarangan karena sering kali terjadi kendala terkait honorer atau tenaga harian lepas (THL) yang direkrut.

Sekretaris DPRD Solsel, Mardiana yang ikut dalam kunjungan lapangan tersebut sependapat kalau Tenaga medis ASN dan honorer dikembalikan dulu ke Puskesmas dan RSUD tempat mereka direkrut.

Baca Juga : Dinkes Kabupaten Pesisir Selatan Lakukan Visitasi ke Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr M Zein Painan

"Tapi di sini Satpam dan tenaga kebersihan harus tetap piket, karena ini menyangkut menjaga peralatan dan perawatan kebersihan alat, sebab peralatan medis sudah cukup banyak," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman mengatakan tenaga medis yang direkrut sebanyak 125 orang tersebut sudah terukur sehingga tidak mengurangi pelayanan di Puskesmas atau RSUD.

Baca Juga : Sekitar 48 Pencaker di Agam Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

"Mereka di sini piket tiga hari setiap Minggu, sisanya mereka tetap bertugas di Puskesmas atau RSUD," katanya.

Sedangkan pegawai lainnya adalah putera putri Solsel yang melamar sebagai tenaga sukarela.

Baca Juga : Kebakaran Lahan Gambut di Durian Kapeh Meluas Jadi 9,5 Hektare

"Untuk tenaga keamanan, petugascleaning servicedanlaundry direkrut dari warga setempat melalui Bumnag, nantinya mereka dijadikan THL," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]