Nagari Koto Tinggi Dharmasraya Punya Pernag, Mau Nikah Wajib Tanam 1 Pohon


Kamis, 21 Januari 2021 - 15:35:33 WIB
Nagari Koto Tinggi Dharmasraya Punya Pernag, Mau Nikah Wajib Tanam 1 Pohon Salah seorang warga Koto Tinggi yang akan menikah, sebelumnya harus menanam pohon di Hutan Nagari setempat.MARYADI

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Salah satu nagari di Kabupaten Dharmasraya, ada Peraturan Nagari, dimana warga yang akan menikah, wajib menanam satu batang pohon untuk hutan nagari.

Wali Nagari Koto Tinggi, Andestra, S.Pt, menyampaikan hal ini dalam suatu acara penilaian Kompetensi Wali Nagari tingkat Kabupaten Dharmasraya, dimana nagari yang ia pimpin punya Peraturan Nagari (Pernah) yang dituangkan dengan nomor 04 tahun 2015 tentang hutan nagari.

Baca Juga : Sumbar Butuh Jalan Tol Padang-Pekanbaru

Alhamdulillah katanya sudah beberapa tahun berjalan dan itu harus di patuhi setiap warganya yang hendak menikah, hal itu akan bermanfaat untuk masyarakat Koto Tinggi khususnya dan manusia umumnya, karena sudah banyaknya hutan yang ditebangi untuk berbagai kepentingan seperti untuk berkebun dan berladang bagi masyarakat.

"Kita tidak usah muluk-muluk, biar satu batang pohon tapi pasti dan jadi," kata Alumni Unand ini.

Baca Juga : Mellysa Kistiand Putri Terpilih Sebagai Runner Up I Duta GenRe Tanah Datar 2021

Selain nagari, wali nagari tersebut memang banyak prestasi baik tingkat kabupaten maupun provinsi.

Salah seorang warga setempat, Komedi, mengatakan, apa yang dilakukan wali nagari mendapat dukungan dari masyarakat, buktinya belum ada warga yang mengurus pernikahan yang tidak mau mengikuti aturan yang ada tersebut.

Baca Juga : 10 Calon Pimpinan Baznas Pariaman Ikuti Seleksi Tahap Wawancara

Karena jenis pohon tidak diwajibkan, yang penting bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri baik untuk penghijauan maupun untuk di panen hasilnya.

Begitu pula pemerhati lingkungan, Ember, apa yang dilakukan oleh Wali Nagari Koto Tinggi, perlu mendapat apresiasi dan perlu di contoh oleh nagari lain, karena dengan cara demikian dapat memberikan manfaat bagi lingkungan hidup.(*)

Baca Juga : 1.100 Personel Polresta Padang Bakal Disuntik Vaksin

Reporter : Maryadi | Editor : Heldi Satria
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]