Politeknik Negeri Padang Launching Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional


Kamis, 21 Januari 2021 - 19:07:37 WIB
Politeknik Negeri Padang Launching Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Direktur PNP didampingi Wakil Direktur 2 PNP Anton, Wakil Direktur 1 PNP Revalin Herdianto, Ketua Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Martini saat memperlihatkan MoU dengan PadangTV yang diwakilkan Manager PadangTV Defri Imung Mulyadi, GM Grand Zuri Hotel Surni Yanti, dan Managing Director ETC Debby Susiyanti.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Politeknik Negeri Padang (PNP) telah diresmikan dalam acara bertajuk "Launching Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional", bertempat di Gedung C Lantai 2, Kamis (21/1/2021).

Prodi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional ini merupakan prodi pertama yang dibuka di Sumbar dan pertama kali di pendidikan vokasi tersebut.

Baca Juga : Adaptasi Industri 4.0, Politeknik ATI Padang Gelar Workshop SDM

Direktur PNP Surfa Yondri saat melaunching Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional

Baca Juga : Disaksikan Inspektorat Jenderal Kemenperin RI, Politeknik ATI Padang Tandatangani Pakta Integritas

 

Direktur PNP, Surfa Yondri menjelaskan, bahwa melatarbelakangi dibukanya prodi ini bermula karena latar belakang PNP yang merupakan pendidikan vokasi. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan industri.

Baca Juga : Alur Pengambilan Toga Wisuda Politeknik Negeri Padang

"Di sini kita melihat bahwa ada sebuah kebutuhan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional dan segmen itu membutuhkan sumber daya. Sehingga itu lah latar belakang kepada kita membuka prodi ini," jelas Surfa Yondri saat Launching Program Studi Sarjana Terapan Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional. Surfa Yondri melihat pada prodi Bahasa Inggris sumber dayanya memenuhi.

Baca Juga : Segera Daftar! Batas Pendaftaran Wisuda Politeknik Negeri Padang Berakhir Besok

Direktur PNP Surfa Yondri saat menandatangani kerjasama dengan PadangTV terkait Prodi Sarajana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional.

 

Begitu juga PNP mempunyai banyak stake holder, seperti Grand Zuri Hotel, ETC (English Tutorial Center). Bagi dia, segmen tersebut perlu diisi sehingga bisa memenuhi kebutuhan industri.

"Jadi itu lah salah satu yang melatarbelakangi juga kenapa kita buka prodi ini. Supaya nanti kita bisa memenuhi kebutuhan di industri," ujar Surfa Yondri.

Pada kesempatan itu, Ketua Prodi Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional, Martini menceritakan pada tahun 2009 sebetulnya prodi Bahasa Inggris bisnis merupakan cita-cita para dosen Bahasa Inggris di PNP.

Direktur PNP Surfa Yondri (kanan) bersama Wakil Direktur I PNP Revalin saat berbincang dengan awak media.

 

"Waktu itu yang ada baru prodi Diploma Tiga Bahasa Inggris secara general. Tetapi karena Politeknik harus punya ciri khas, apalagi prodi bahasa Inggris ada dimana-mana, seperti di Unand, dan UNP," kata Martini.

Berdasarkan backgroud PNP yang merupakan pendidikan vokasi, Martini menyebutkan, saat itu dilakukan analisa kebutuhan maka diputuskan membuka Prodi D-III Bahasa Inggris dengan educational skill-nya mengenai translation dan Inggris Broadcasting.

"Awalnya kita merekrut mahasiswa hanya satu kelas, setelah itu dengan bertambahnya jumlah peminat kita tambah dua kelas, dan tahun kemaren dijadikan tiga kelas," papar Martini.

Martini pun bersyukur saat ini di Dikti telah ada nomenklatur baru, yaitu D-V atau Sarajan Terapan untuk Bahasa Inggris Komunikasi Bisnis dan Profesional. Sehingga diajukan proposal dengan dasar pertamanya adalah ketersedian SDM.

"Alhamdulillah di Bahasa Inggris kita ada 25 dosen, dari angka itu 3 orang telah menamatkan S3, 6 orang sedang melanjutkan S3 didalam negeri maupun luar negeri, dan ada juga beberapa orang dosen yang mengajukan melanjutkan S3," ujar Martini.

Ketua Prodi Sarjana Terapan Bahasa Inggris untuk Komunikasi Bisnis dan Profesional Martini

 

Tak hanya itu, Martini menambahkan, di PNP juga sarana dan prasana yang sangat cukup. Kalau dibandingkan pada jurusan Bahasa Inggris di kampus lain, khusus di PNP mempunyai laboratorium bahasa, laboratorium multi media.

"Kita juga punya laboratorium translation, dan memiliki studio radio. Jadi Alhamdulillah jurusan Bahasa Inggris punya sarana yang seperti itu," ucap Martini. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]