Pelamar CPNS Sumbar 2019 Tembus 25 Ribu Orang


Kamis, 21 Januari 2021 - 20:24:30 WIB
Pelamar CPNS Sumbar 2019 Tembus 25 Ribu Orang Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Fitriyati, Kepala Kantor Regional 12 Pekanbaru Neni Rochyani saat penyerahan SK CPNS di Auditorium Gubernuran, kemaren.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar, Fitriyati mengatakan, ada 575 ASN yang diserahkan SK CPNS untuk formasi 2019 yang terdiri atas tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan tenaga administrasi lainnya. Sementara kebutuhan yaitu 603 formasi. Jadi, ada yang 28 formasi yang tidak terisi yang kebanyakan merupakan dokter spesialis.

"Sebanyak 575 diterima. Dari tahap awal, yang mendaftar ada sebanyak 25.129 orang," jelas Fitriyani saat usai menyerahkan SK CPNS di Lingkungan Pemprov Sumbar Formasi Tahun 2019, di Auditorium Gubernuran, kemaren.

Baca Juga : Tingkatkan Silaturahmi, Kanminvetcad I/31 Batusangkar Gelar Anjangsana dan Beri Tali Asih ke Veteran

Menurut Fitriyati, dalam menjalankan tugas hendaknya seluruh CPNS ini memiliki komitmen jika ini adalah pelayan masyarakat, jangan ada satu orang masyarakat mengeluh terhadap pelayanan yang diberikan.

Oleh karena itu, Fitriyati mengatakan, untuk menciptakan kenyamanan tersebut hendaknya para ASN baru semakin meningkatkan pengetahuan, wawasan, kepribadian, dan etika karena suatu keberhasilan sangat tergantung pada kemauan dan kemampuan untuk mengoptimalkan tugas yang diberikan.

Baca Juga : Dinas PUPR Sumbar Sebut akan Segera Perbaiki Ruas Jalan Provinsi di Solsel

"Kita berharap para CPNS dapat meningkatkan dan menunjukan kualitas diri karena sejatinya seorang pegawai negeri sipil adalah seorang yang kepuasan kerjanya tidak ditentukan oleh besarnya gaji yang diterima tetapi ditentukan oleh tingginya kepuasan dan kesejahteraan masyarakat yang dilayani," harap Fitriyati.

Sementara itu, Kepala Kantor Regional 12 Pekanbaru Neni Rochyani mengatakan, berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), diselenggarakan berdasarkan sistem Merit.

Baca Juga : Hadiri Pelantikan PCNU Pasaman, Ini Pesan Bupati Benny Utama

Sistem Merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan kualifikasi, kompetwnsi, dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, umur, ataupun kondisi cacat.

Dengan demikian setiap orang punya hak yang sama dalam mengembangkan karir, sepanjang memenuhi kualifikasi dan kompetensi.

Baca Juga : PCNU Pasaman Periode 2020-2025 Dilantik, Sederet Tugas Berat Menanti

"Kami menginggatkan juga bahwa fungsi ASN antara lain sebagai pelayanan publik dan perekat dan pemersatu bangsa, sebagai pelayanan publik harus memberikan kinerja terbaik," tegas Neni.

BKD Sumbar telah membuktikan dapat beradaptasi dengan perubahan mekanisme secara digital ini. Khususnya untuk Pemprov Sumbar telah ditetapkan sebanyak 575 nota persetujuan teknis NIP CPNS untuk formasi tahun 2019. CPNS yang lulus merupakan calon-calon pegawai terbaik dari 25.129 peserta SKD.

"Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik, kolaborasi ini tetap kita bangun untuk mewujudkan manajemen ASN yang baik di Sumbar," sambut Neni Rochyani. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]