Vaksinasi di Padang Sudah Bergulir, Nakes: Rasa Cemas Tertular Covid-19 Berkurang


Kamis, 21 Januari 2021 - 20:29:52 WIB
Vaksinasi di Padang Sudah Bergulir, Nakes: Rasa Cemas Tertular Covid-19 Berkurang Pengunjung di salah satu rumah sakit di Kota Padang sedang menunggu nomor panggilan diperiksa.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Informasi tentang bahaya efek samping vaksin Corona atau Covid-19 dari Sinovac ternyata tidak berpengaruh bagi tenaga kesehatan (nakes). Hal ini diakui oleh salah seorang nakes yang bertugas di Rumah Sakit Yosudarso Kota Padang, Provinsi Sumbar.

Wanita yang bernama Catrine itu mengakui, dalam bertugas di rumah sakit dan ditugaskan khusus dalam penanganan vaksin Covid-19 sangat berisiko kepada kesehatannya. Dia juga mengakui dengan telah divaksin rasa kecemasan tertular virus Corona sedikit berkurang.

Baca Juga : Sebanyak 2.500 Pedagang Pasar di Kota Padang Divaksinasi

"Karena wabah Covid-19 jadi dilarang keluar, aku sendiri tinggal di asrama dan tiga orang temanku positif. Aku sudah disuruh swab ulang, dan divaksin. Kita ikut anjuran pemerintah saja ya," kata Catrine, kemaren.

Catrine pun mengakui tidak meresahkan info terkait vaksin yang memberikan efek samping berbahaya.

Baca Juga : Hari Ini, Pedagang Pasar Raya Melakukan Vaksinasi

Hal serupa juga diungkapkan dr Kemala. Dirinya merasa yakin setelah BPOM dan MUI menyatakan vaksin dan halal Sinovac aman saat disuntikan ke dalam tubuh. Meskipun keakuratan vaksin di angka 60% untuk megantisipasi Corona.

Menurut dr Kemala, dengan program vaksinasi setidaknya hal ini sebuah upaya dari masing-masing individu untuk mengamankan diri dari penularan virus Covid-19. 

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Kamis 04 Maret 2021

"Iya memang ada info-info negatif (terkait vaksin) tapi saya juga baca fakta-faktanya. Jika dilihat ternyata kebaikannya lebih banyak dibanding hal-hal negatuf," kata dr Kemala.

Menurut dr Kemala lagi, hal negatif tersebut belum tentu terjadi maka lebih baik divaksin. Walaupun keakuratannya 65% namun apabila dilihat dari populasi yang besar ternyata angka tersebut bisa mengurangi angka postif dan kematian Covid-19. (*)

Baca Juga : Ini Tanggapan Hendri Septa soal Siapa Wakil Walikota yang Mendampinginya

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]