Hampir Tiap Tahun, Ada Ratusan PNS Sumbar yang Pensiun


Kamis, 21 Januari 2021 - 20:39:23 WIB
Hampir Tiap Tahun, Ada Ratusan PNS Sumbar yang Pensiun Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengajak Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Sumbar untuk bersyukur karena dari puluhan ribu yang ikut seleksi hanya ratusan orang yang terpilih menjadi ASN di provinsi itu.

"Saya berpesan agar CPNS untuk selalu disiplin dan giat dalam bekerja, yang terpenting saudara harus mensyukuri dan bekerja sungguh-sungguh itu adalah kunci sukses untuk menjadi ASN," ucap Irwan, kemaren.

Baca Juga : Deklarasi Tolak KLB, Tegaskan Demokrat Solid dan Tegak Lurus dengan AHY

Irwan menjelaskan, kenapa manusia harus mensyukuri. Karena saudara diterima menjadi ASN di lingkungan Pemprov Sumbar, masih banyak yang tidak diterima sebagai ASN. Karena tawakal dan selalu berdo'a, berjuang, saudara diterima sebagai ASN.

"Itu semua alasan mengapa kita harus selalu bersyukur, masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan. Dengan bersyukur Allah akan memberikan kebaikan, sebab Allah SWT akan menambah nikmatnya dan kita akan diazab oleh Allah apabila kita kufur. Untuk itu mari kita ucapkan Alhamdulillah," ajaknya.

Baca Juga : Kunjungan ke BLK Padang, Wagub Audy: Ini Menakjubkan Sekali!

Irwan menjelaskan, ada 25 ribu orang yang ikut tes CPNS yang diterima hanya 575 orang. Makanya Gubernur minta CPNS yang diterima wajib bersyukur.

"Mudah-mudahan yang ada ini bisa meng-back up kekosongan SDM ASN di provinsi yang mana hampir tiap tahunan jumlah pensiunannya ratusan,dan mudah-mudahan mereka menjadi andalan kita ke depan," harap Irwan.

Baca Juga : Putra-Putri Terbaik di Indonesia Siapkan Diri, Penerimaan Polri Segera Dibuka

"Karena pilihan sebagai ASN, saya berharap semuanya menjalankan tugas itu dengan baik, saudara ketika melamar sudah mengerti konsekuensinya dan jaga kedisiplinan. Tanamkan sikap perilaku jujur, disiplin, dedikasi, dan loyalitas dan tanggung jawab, serta mampu mengembangkan diri untuk menjadi pegawai yang kreatif, inovatif serta profesional," kata Irwan lagi.

Irwan menuturkan, untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS), CPNS harus bekerja dengan baik dalam setahun. Setelah itu baru diangkat menjadi PNS. Dia pun menekankan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, ASN harus menggunakan pola pikir mereka adalah abdi negara.

Baca Juga : Delapan Personel Polda Sumbar Diberhentikan, Kapolda: Polisi Itu harus Humanis 

Irwan juga mengatakan, moment ini merupakan langkah awal bagi PNS yang memenuhi standar kualifikasi yang diperlukan bagi Pemerintah Provinsi Sumbar dalam rangka memberikan pelayanan di bidang Pemerintahan, Pembangunan, Kesehatan, Pendidikan dan Kemasyarakatan di Provinsi Sumbar.

Selain itu, Irwan juga mengimbau ASN untuk tidak sombong dan selalu rendah hati dan bersungguh-sungguh dalam melayani masyarakat. Sebab, ASN yang bersungguh-sungguh dalam bekerja pasti akan bisa memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam melayani masyarakat.

"Setelah menjadi ASN, saudara-saudara jangan 'Ngebos'. ASN adalah pelayan bagi masyarakat jangan sampai malah ASN yang ingin dilayani karena sudah tidak zamannya PNS di layani. Sekarang kita yang melayani, mempermudah kebutuhan masyarakat," ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Irwan, bahwa setiap melakukan pekerjaan harus bersungguh-sungguh, bekerja keras dan semangat, untuk bisa menghasilkan maksimal.

"Allah memerintahkan hambanya untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan hal apapun, bekerja, belajar, lebih-lebih dalam hal ibadah. Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka pasti berhasil," tukasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]